Efektivitas Layanan Informasi Melalui Media Film Animasi Terhadap Kesehatan Mental Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi melalui media film animasi terhadap kesehatan mental pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrument angket sebagai alat ukur dan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, dan uji paired T test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: 1) terdapat perbedaan kesehatan mental siswa sebelum diberikan layanan informasi melalui media film dengan hasil skor pretest menunjukan bahwa kesehatan mental siswa dengan nilai skor kategori rendah. 2) terdapat perbedaan kesehatan mental siswa sesudah diberikan layanan informasi melalui media film dengan hasil skor pretest menunjukan bahwa kesehatan mental siswa dengan nilai skor kategori tinggi. 3) terdapat pengaruh peningkatan layanan informasi melalui media film menggunakan uji paired T test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan perbedaan nilai rata-rata pretest dan Perbedaan nilai rata-rata pretest 89.6667 > dari nilai rata-rata posttest 125.5758 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikasi antara pretest dan posttest, maka Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya Pengaruh Layanan Informasi Melalui Media Film terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas XI IIS SMA Negari 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alini, & Meisyalla, L. N. (2022). Gambaran Kesehatan Mental Remaja SMPN Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Ners, 6(23), 80–85. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners
Anwar, F., & Julia, P. (2021). Analisis Strategi Pembinaan Kesehatan Mental Oleh Guru Pengasuh Sekolah Berasrama Di Aceh Besar Pada Masa Pandemi. Jurnal Edukasi :Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 2021.
Aqib, Z. (2021). Psikologi Konseling & Kesehatan Mental. Pustaka Referensi.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Ayuningtyas, D., & Rayhani, M. (2018). Analisis situasi kesehatan mental pada masyarakat di Indonesia dan strategi penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan …. http://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/241
Dede Rahmat Hidayat, H. (2013). Bimbingan Konseling (E. Kuswandi (ed.); Cetakan ke). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Ernawati, I. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental. In Early Childhood Education Journal (Issue November 2019). http://digilib.uinsby.ac.id/918/10/Daftar
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i2.23995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id

