Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melaksanakan Pembelajaran Retell Story Pada Siswa

Handayani Putri, Nur Cahaya

Abstract


Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap kemampuan dan kelebihan yang dimiliki dirinya sendiri untuk mencapai tujuan dalam hidupnya dan menyelesaikan masalah serta pekerjaannya. Retell Story strategi pembelajaran  membantu siswa untuk memahami isi cerita yang mereka baca dengan cara siswa menceritakan kembali cerita yang telah mereka baca dengan menggunaka kata-kata mereka sendiri. Self Instruction ini merupakan sebuah latihan untuk meningkatkan kontrol diri dengan menggunakan verbalisasi diri sebagai rangsangan dan penguatan selama menjalani treatment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif teknik self instruction dalam untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa kelas VIII SMP PAB 10 Medan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMPPAB10 Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model Skala Likert. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik self Instruction. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji Wilcoxon.

Temuan penelitian ini: Dari penelitian ini ditemukan bahwa teknik self instruction meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswa SMP PAB 10 Medan. Kemudian peneliti menemukan agar dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melaksanakan pembelajaran retell story pada siswasecara maksimal harus diterapkan layanan secara berkesinambungan agar dapat mengubah perilaku yang tidak baik menjadi lebih baikdan pengembangan program BK di sekolah harus di perhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah


Keywords


Teknik Self Instruction, Kepercayaan Diri,Pembelajaran Retell Story

References


Annisa, Ana & Catharina Tri Anni.2015.Studi Kasus Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Kota Surakarta. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 4(4).

Arikunto.2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aulia, Dea, Firman, Nevlyerni. 2022. Penyusunan Program BK di Tingkat SMA. Jurnal Education &Learning .2(2).

Kartika, Marini. 2019. Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Low Self Confidence Pada Pembelajaran Fisika Kelas VII A SMPN 4 Tellulimpoe Kab. Sinja. Skrip. UIN Alauddin

Nuraeni, Intan. Milda Yanuvianti. 2018. Identifikasi Permasalahan Perancangan Program Bimbingan Dan Konseling Pada Guru SMK Di Kota Yogyakarta. Prosiding Psikologi.Universitas Islam Bandung.4(1).

Nove, Albertus Hengka, dkk. 2021. Efektivitas teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk membantu dalam membantu meningkatkan percaya diri siwa. Jurnal Konseling dan Pendidikan.9(4).

Noviawati, Elvi. Syamsu Yusuf L.N , A Juntika Nurihsan. 2016. Efektivitas Program Bimbingan Dan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i2.23997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id