Layanan Konseling Individu Menggunakan Teknik Konseling Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kisaran Asahan Sumatera Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan skor peningkatkan kepercayaan diri remaja pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling individu menggunakan teknik konseling cognitive defusion.Mendeskripsikan perbedaan skor peningkatan kepercayaan diri remaja pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah dilaksanakannya layanan individu.Mendeskripsikan perbedaan skor peningkatan kepercayaan diri remaja pada kelompok eksperimen dan kontrol sebelum dan sesudah dilaksanakannya layanan. Peneltiian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang rasa percaya diri pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan konseling individu dengan pendekatan teknik konseling cognitive defusion. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang rasa percaya diri anak panti asuhan pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan konseling individu.Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan rasa percaya diri anak panti asuhan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan layanan konseling individu dengan pendekatan teknik konseling cognitive defusion, dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriyani, J. (2018). Konsep Konseling Individual Dalam Proses Penyelesaian Perselisihan Keluarga. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 17–31.
Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2, 43–52.
Dian Tri Rahmadani. (2022). No Title. PROSES LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENENTUKAN JURUSAN YANG AKAN DIPILIH SESUAI DENGAN MINAT SISWA, 5(1), 11–19.
Hanum, M., Prayitno, P., & Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan KonselingPerorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Konselor, 4(3), 162.
Kusmawati, A. (2019). Modul Konseling. Universitas Muhammadyah Jakarta, 1–17.
Monnalisza, M., & S, N. (2018). Kepercayaan diri remaja panti asuhan Aisyiyah dan implikasinya terhadap layanan Bimbingan dan Konseling. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 77.
Nanda, W., Saputra, E., & Prasetiawan, H. (n.d.). Teknik Cognitive Defusion: Penerapan Intervensi Konseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa.
Nova Erlina, L. A. F. (2016). Articles Penggunaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Prilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Merabung Iii Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. 03(1), 137–152.
Risnawita, M. N. G. & R. (2020). No Title.
Siregar, S. (2016). Statistik Deskriptif untuk Penelitian. PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Zulamri, Z. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 19. https://doi.org/ Z 0.22373/taujih.v2i2.6526
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i2.24037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id

