Penerapan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Dadu Kecerdasan Emosional Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa
Abstract
Berdasarkan hasil asesmen AKPD mengungkapkan bahwa terdapat 8 siswa yang memiliki kategori kecerdasan emosional yang rendah terdiri dari 5 perempuan dan 3 laki laki di kelas VIII-8 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling). PTBK ini dilakukan dengan 2 siklus dan dengan 2 pertemuan melalui tahapan, perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa selama proses kegiatan layanan bimbingan kelompok berlangsung dan hasil lembar wawancara dengan guru BK dan siswa/i yang memiliki kecerdasan emosional rendah di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Setelah diketahui kondisi awal melalui hasil observasi dan wawancara pertemuan pertama siklus I mengenai rendahnya kecerdasan emosional siswa, selanjutnya peneliti memberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media “Dadu Kecerdasan Emosional” pada siklus ke II. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui lingkungan belajar yang optimal bagi siswa siswi. Dengan demikian individu yang mempunyai kecerdasan emosional yang baik akan mampu mengenali emosi dirinya, mampu mengelola emosi, mampu memotivasi diri, mampu mengenali emosi orang lain, serta mampu membina hubungan yang baik dengan orang lain. Hasil siklus I dan II yang dilakukan peneliti dalam bimbingan kelompok dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan menggunakan media dadu kecerdasan emosional pada siklus kedua berhasil mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini layak untuk diteruskan dan dikembangkan sebagai salah satu strategi layanan BK di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustian, A. Ginanjar. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Arga Wijaya Persada,
Arsyad, A. (2021). Media pembelajaran (Edisi revisi). PT. Raja Grafindo Persada.
Goleman, D. (2020). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ (25th anniversary ed.). Bantam Books.
Gunawan, A., & Yulia, R. (2024). Efektivitas permainan kartu emosi dalam meningkatkan kecerdasan emosional remaja: Studi eksperimental dalam setting bimbingan kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 10(1), 32-46.
Haerani, H., & Daulay, N. (2020). Dinamika Perkembangan Remaja Problematika dan Solusi. Jakarta: Kencana.
Hidayat, R., Kurniawan, D., & Afriani, Z. L. (2022). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perkembangan sosio-emosional siswa SMP selama pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2), 87-103.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2024). Laporan tahunan kasus kekerasan dan perundungan di sekolah tahun 2023. Kemendikbudristek.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Nurhayati, E., & Fathurrohman, M. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan kecerdasan emosional remaja: Meta-analisis penelitian eksperimental di Indonesia. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 8(3), 143-159.
Nurmaningsih. 2011. Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal UPI – Edukasi Pendidikan, 1(1).
Papalia, D. E., & Martorell, G. (2021). Experience human development (14th ed.). McGraw-Hill Education.
Prayitno, & Amti, E. (2022). Dasar-dasar bimbingan dan konseling (Edisi revisi). Rineka Cipta.
Pribadi, B. A. (2023). Media dan teknologi dalam pembelajaran (3rd ed.). Kencana.
Rahmawati, S., Nugraha, A., & Pratiwi, D. (2024). Penggunaan media kartu dalam pembelajaran: Analisis dampaknya terhadap keterlibatan dan retensi materi pada siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 55-69.
Santrock, J. W. (2023). Adolescence (19th ed.). McGraw-Hill Education.
Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., & Astuti, B. (2023). Profil kecerdasan emosional siswa SMP di Indonesia: Implikasi bagi layanan bimbingan dan konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 22-38.
Sari, P. N. (2023). Pengaruh bimbingan kelompok berbasis media kartu terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa SMP (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang.
Widodo, B., & Pratiwi, D. D. (2023). Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik, penyesuaian sosial, dan kesejahteraan psikologis siswa SMP: Studi longitudinal enam provinsi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 88-102.
Wuwung, O. C. (2020). Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Scopindo Media Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v8i2.24567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id

