Mengatasi Kondisi Somnolen (Mengantuk) dalam Belajar Melalui Penerapan Layanan Konten Teknik High Touch dan High Tech Pada Siswa

Laily Laily Misri, Gusman Lesmana, Aguslina Aguslina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kondisi somnolence (mengantuk) dalam belajar pada siswa kelas VIII SMP N 29 Medan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian  ini berawal dari problematika yang sering dialami oleh siswa yaitu somnolence atau yang lebih dikenal dengan mengantuk, jika prilaku ini tidak segera diatasi maka akan berdampak pada prestasi siswa di sekolah. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan melalui 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus kedua dilakukan dengan 4 tahapan yang sama yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasi penelitian PTBK yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama belum terjadi adanya perubahan prilaku terhadap diri siswa sehingga dilanjutkan dengan siklus kedua dan terlihat adanya perubahan prilaku yang terjadi pada diri siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi kondisi Somnolence (mengantuk) dalam belajar diperlukannya layanan Konten dengan teknik High Touch dan High Touch pada diri siswa.

Keywords


Somnolen; Layanan Konten; teknik High Touch dan High Touch

References


Arsa, N. L. D., Astuti, P. S., & Munir, M. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Ice Breaking Dengan Teknik Stop. Journal Of Social Studies, 1(1), 23–32.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada.

Dwinata, D. P. (2025). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Studi Di Smpn 1 Diwek Jombang. Itskes Insan Cendekia Medika Jombang.

Euis Erni Sapriyani, & Ageng Saepudin Kanda. (2024). Keluhan Guru Mengenai Banyaknya Siswa Yang Tidur Di Kelas Saat Belajar Di Pp Sumur Bandung. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 180–185. Https://Doi.Org/10.55606/Jpbb.V3i1.2780

Gustiawati, I., & Murwani, A. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Vii Dan Viii. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang, 8(2), 107. Https://Doi.Org/10.32922/Jkp.V8i2.187

Hanny Widyati & M. Turhan Yan. (2014). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di Sma Negeri 1 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 784–798. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Kewarganegaraa/Article/View/9267

Hasri, U. K., Samad, S., & Latif, S. (2023). Kejenuhan Belajar Siswa Dan Penanganannya: Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Sidrap Student Learning Saturation And Handling: Case Study Of High School In Sidrap District. Pinisi Journal Of Education, 3(3), 130–148.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Krisnawati, E. (2024). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhamadiyah Pacul Kabupaten Tegal Dengan Model Cipp. Universitas Pancasakti Tegal.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru (R. G. Persada (Ed.)).

Mishbahuddin, A. (2019). Penyuluhan Bahaya Merokok Bagi Remaja Dengan Layanan Penguasaan Konten Di Pondok Pesantren Sentot Ali Basya Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 17(1).

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nevid, J. S., & Chozim, M. (2021). Metode Terapi: Konsepsi Dan Aplikasi Psikologi. Nusamedia.

Pati, W. C. B. (2022). Pengantar Psikologi Abnormal: Definisi, Teori, Dan Intervensi. Penerbit Nem.

Peraturan Pemerinta Republik Indonesia. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Details/49369/Pp-No-19-Tahun-2005.

Prayitno. (2004). Layanan Penguasaan Konten. Fip Universitas Negeri Padang.

Rodiana. O. A. (2024). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Untuk Mengurangi Perilaku Mengantuk Saat Belajar Siswa Kelas Vii E Smp Negeri 2 Kota Madiun. Seminar Nasional Sains, Pendidikan, Humaniora, 3(3), 440–446.

Rodiana, O. A., Mahmudi, I., & Maria, R. Y. (2024). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Untuk Mengurangi Perilaku Mengantuk Saat Belajar Siswa Kelas Vii E Smp Negeri 2 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 3(3), 440–446.

Sanusi. (2023). Pentingnya Mengutamakan Kesejahteraan Mental Siswa Bagi Puncak Pencapaian Pedagogis. Educhild: Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4(1), 14–31. Https://Ejournal.Iain-Bone.Ac.Id/Index.Php/Educhild/Article/Download/5509/1923

Tohirin. (2015). Bimbingan Konseling Disekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Rajawali Pers.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Ptk): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. Https://Doi.Org/10.47134/Ptk.V1i4.821

Waris, P., & Islam, M. H. W. (N.D.). Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Hukum Normatif, Tipe Penelitian Ini Adalah Penelitian Hukum Deskriptif, Pendekatan Masalah Adalah Pendekatan Yuridis Teoritis. Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Data Sekunder Yang Terdiri Dari Atas Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder, Dan Bahan Hukum Tersier, Yang Kemudian Dianalisis Secara Kualitatif.

Wicaksono, Y. I. (2021). Gejala Gangguan Jiwa Dan Pemeriksaan Psikiatri Dalam Praktek Klinis. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v8i2.24706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id