Hubungan Self Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2022 Universitas Sriwijaya

Putri Dewita Damarsari, Minarsi Minarsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian berjumlah 82 mahasiswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala self efficacy dan skala kecemasan berbicara di depan umum yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum (r = -0,540; p < 0,05). Self efficacy memberikan kontribusi sebesar 29,1% terhadap kecemasan berbicara di depan umum. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa dengan self efficacy tinggi cenderung lebih percaya diri dan mengalami tingkat kecemasan yang lebih rendah ketika berbicara di depan umum

Keywords


Self Efficacy; Kecemasan Berbicara Di Depan Umum; Mahasiswa

References


Ahmed, W., Abdalmotalib, M. M., Mohammed, G., Siddig, M., Salih, H., Ahmed, A., & Abdullateef, S. (2025). Public speaking anxiety and self ‑ efficacy among Sudanese medical students : a cross ‑ sectional study. BMC Psychology, 13(600). https://doi.org/10.1186/s40359-025-02958-9

Alawiyah, W. (2024). Hubungan Antara Self Efficcay Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id

Bandura, A. (1997). Albert Bandura Self-Efficacy: The Exercise of Control. In W.H Freeman and Company New York (Vol. 43, Issue 9, pp. 1–602).

Bayhaqi, A. Z., Murdiana, S., & Ridfah, A. (2017). Metode Expresssive Writing untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 146–154.

Diana, E., Khaerani, F. A., Wijaya, M. Z., & Makhmudah, U. (2021). The Effectiveness of Group Counseling in Reducing Adolescent Social Anxiety Levels : A Systematic Literature Review. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292, 5(Snip 2021), 1–23.

Fatah, S. A. A., & Nafila, A. (2022). Peranan Self Efficacy dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2), 265–273. https://doi.org/10.52593/mtq.03.2.05

Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD terkait Kecemasan Berbicara di Depan umum. Psikodinamika; Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 31–40.

Fitriyana, N., Karmiyati, D., Yuniardi, M. S., & Widiantoro, D. (2020). Hubungan Self Efficacy Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Baru. Personifikasi Jurnal Psikologi, 11(1), 109-124. DOI:10.21107/personifikasi.v11i1.7294

Landujawa, M., & Seotjiningsih, C. H. (2022). Self-Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Etnis Sumba Marlon. JPDK: Research & Learning in Primary Education, 4, 325.

Larisa, I. H., Prasetyo, Y., & Farhanindya, H. H. (2024). Peran Berpikir Positif dan Self Efficacy terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Indonesia, 02(04), 180–188.

Masri, S. (2022). Hubungan Self Efficacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Santri Pondok Pesantren Datok Sulaiman Putri Palopo. Komedia, 1(1), 0–1.

Naor, Y. D. D, Sitasari, N. W., & Safitri (2021). Gambaran Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Santri SMA Di Pondok Pesantren. JCA Psikologi, 2(2).

Nurhasanah. (2021). Self Efiicacy Dan Berpikir Positif Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Ilimiah Kesehatan, 10(2), 106–112.

Oktonika, E. (2024). Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Di Kalangan Remaja Saat Ini. Edisa. Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 5, 184–192.

Reza, K., Wahyuni, V. D., Asrofiyah, R. M., & Jannah, M. (2024). Bicara Tanpa Ragu : Peran Efikasi Diri Dalam Menangani Kecemasan Mahasiswa Pada Saat Presentasi Speak Without Hesitation : The Role Of Self-Efficacy In Managing Student Presentation Anxiety. Jurnal Psibernetika, 17(2), 116–124. https://doi.org/10.30813/psibernetika

Rogers, N. (2004). Berani bicara di depan publik: Cara cepat berpidato. Bandung: Nuansa




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v8i2.25151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id