Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling bagi Siswa

Delsylia Tresnawaty Ufi, Joris Taneo, Erli Oviane Malelak, Yenry Anastasia Pellondou

Abstract


Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangannya yang meliputi aspek pribadi-sosial, belajar dan karier. Untuk itu, tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam melaksanakan Bimbingan dan Konseling bagi siswa di SD Inpres Labat, Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Kristen. Tempat penelitian di SD Inpres Labat Data. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian, Guru PAK telah melakukan perannya sebagai pembimbing, mengenal karakter siswa melalui catatan tentang diri siswa serta bersama dengan guru lain membangun kerja sama lewat komunikasi untuk lebih memahami siswa, mempelajari minat dan kebutuhan siswa sehingga ditempuh pula upaya penyesuaian dengan program pembelajaran pendidikan di sekolah yang dibentuk oleh Kelompok Kerja Guru (KKG), demi lancarnya proses belajar mengajar. Terkait dengan pelaksanaan bimbingan dan konseling, guru PAK mampu memahami lingkungan belajar siswa, sehingga guru melakukan upaya pencegahan terjadinya masalah dan tercipta lingkungan belajar kondusif. Bagi siswa yang bermasalah, guru PAK memberi bantuan baik terkait aspek belajar, pribadi sosial dan karir. Selain itu, guru membantu siswa dalam memilih dan terlibat kegiatan ekstrakurikuler, misalnya kegiatan pramuka, Paduan Suara, menari dan drum band. Guru PAK juga membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah serta memperbaiki pikiran dan tindakannya yang salah untuk menjadi individu yang baik guna tercapainya pertumbuhan dan perkembangan siswa yang optimal yang berujung pada upaya menjaga diri dan mempertahankan suasana kondusif dalam diri siswa tersebut.


Keywords


Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (n.d.). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B. (n.d.). Guru dan Anak Didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.

Esther Rela Intarti. (2016). Guru Pendidikan Kristen Sebagai Motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI., Vol 1, No.

Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. ANDI.

Hikamawati, F. (2014). Bimbingan dan Konseling. PT. Raja Grafindo Persada.

Informasi, Z. P. dan. (2014). Masalah Yang dihadapi Siswa, Rumah Bangsa Foundation.

Intarti, E. . (2016). Guru Pendidikan Kristen Sebagai Motivator. Guru Pendidikan Kristen Sebagai Motivator. Jurnal Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI, Vol 1, No.

Johannes, N. Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Bagi Siswa Kelas 5 SD Negeri Toisopu. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan., Vol. 4, No, 60.

Juhari, M. K. (2018). Guru BK Ada dis SD ini, Panduan Operasional Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar, (2016).

Kristianto, P. L. (2008). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Penunutun bagi mahasiswa Teologi & PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen. ANDI.

Maliki. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Kencana.

Milne, B. (1993). Mengenali Kebenaran: Panduan Iman Kristen. BPK Gunung Mulia.

Muhson, A. (2014a). Meningkatkan Profesionalisme Guru: sebuah harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, Vol.2, No., 9394.

Muhson, A. (2014b). Muhson, Ali. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, Vol. 2, No.

Nurihsan, A. J. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. PT. Refika Aditama.

Prayitno, dan E. A. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALVABETA CV.

Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sutirna. (2013). Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal dan Non Formal. Bina Media Informasi.

U, M. S. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221232.

Yogyakarta, S. B. 1. (2012). Jenis Masalah Siswa di Sekolah Dasar.

Zakiah Daradjah. (1989). Kesehatan Mental. Haji Masagung.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v4i1.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id