Need Assesment of Guidance and Counseling Module to Improve Freshmen Self-Adjustment
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Biro Bimbingan dan Konseling Islam Syifaul Qulub. (2020). Buku Laporan Hasil Konseling.
Chalidaziah, W. (2019). Sasaran Dan Topik Pembahasan Self Disclosure Mahasiswa. Enlighten : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 112121. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1363
Chaplin, J. P., & Kartono, K. (1989). Kamus lengkap psikologi. Rajawali Pers.
Chen, X., Wang, L., & Wang, Z. (2009). Shyness-Sensitivity and Social, School, and Psychological Adjustment in Rural Migrant and Urban Children in China. Child Development, 80(5), 14991513. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2009.01347.x
Chung, H., Elias, M., & Schneider, K. (1998). Patterns of individual adjustment changes during middle school transition. Journal of School Psychology, 36(1), 83101.
Durkin, K. (2008). The adaptation of East Asian masters students to western norms of critical thinking and argumentation in the UK. Intercultural Education, 19(1), 1527.
Enung, F. (2016). Psikologi Perkembangan (perkembangan peserta didik).
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas modul ipa berbasis etnosains terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 7176.
Grant, K. (2016). Tackling the Transition: A Life Skills Intervention to Improve College Adjustment, College Self-Efficacy, and Transference of Life Skills of Freshmen Student-Athletes.
Handayani, P. G., & Yuca, V. (2018). Fenomena Culture Shock Pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 198. https://doi.org/10.29210/129000
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Irianto, A. (2014). Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Johariyah, A., & Mariati, T. (2018). Efektivitas penyuluhan kesehatan reproduksi remaja dengan pemberian modul terhadap perubahan pengetahuan remaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 4(1), 3846.
Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling, (2016).
Lobato, D. J., & Kao, B. T. (2002). Integrated sibling-parent group intervention to improve sibling knowledge and adjustment to chronic illness and disability. Journal of Pediatric Psychology, 27(8), 711716.
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85104.
Mariah, K., Neviyarni, S., & Jamna, J. (2016). Efektivitas pelaksanaan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas dalam mengembangkan penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah pada siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Konselor, 5(2), 7282.
Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 15.
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2017). Studi pola penyesuaian diri mahasiswa luar jawa di universitas tribhuwana tunggadewi malang. Research Report, 796803.
Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 3436. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508
Mudhovozi, P. (2012). Social and academic adjustment of first-year university students. Journal of Social Sciences, 33(2), 251259.
Novalina, S. D. (2015). Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri. Analitika, 7(2), 99104.
Pohan, R. A. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Merespon dalam Pembelajaran Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(2).
Pohan, Rizky Andana, & Sahputra, D. (2020). Kecerdasan Emosi Mahasiswi Bercadar Serta Implikasinya Bagi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Enlighten : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 19. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i1.1582
Pritchard, M. E., Wilson, G. S., & Yamnitz, B. (2007). What predicts adjustment among college students? A longitudinal panel study. Journal of American College Health, 56(1), 1522.
Ramawati, D., Latifah, L., & Rahmawati, E. (2013). Efektivitas Modul untuk Manajemen Laktasi Pasca Melahirkan. Jurnal Keperawatan Soedirman, 8(1), 4955.
Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, 5(3), 133. https://doi.org/10.24036/02016536493-0-00
Universitas Pendidikan Ganesha. (2010). Panduan Pelaksnaan Kebijakan dan Layanan BK Informasi Kerja Mahasiswa dan Lulusan. Lembaga Penjaminan Mutu.
Wijanarko, E., & Syafiq, M. (2017). Studi fenomenologi pengalaman penyesuaian diri mahasiswa Papua di Surabaya. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 7992.
Wijaya, I. P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).
Wu, W., & Hammond, M. (2011). Challenges of university adjustment in the UK: a study of East Asian Masters degree students. Journal of Further and Higher Education, 35(3), 423438.
Yandri, H., Daharnis, D., & Nirwana, H. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah. Konselor, 2(1), 6065. https://doi.org/10.24036/0201321866-0-00
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i3.5221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id