ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROPINSI SUMATERA UTARA

Shita Tiara

Abstract


Selama proses pembangunan Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini dalam bidang ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan menunjukkan adanya peningkatan. Begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara yang mengalami peningkatan. Tetapi pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan tidak diikuti meratanya distribusi pendapatan di Sumatera Utara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis ketimpangan distribusi pendapatan di Sumatera Utara.

Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan data sekunder dengan runtun waktu yaitu pada tahun 2002 sampai 2013, yang bersumber dari data Badan Pusat Statistik Sumatera Utara.

Berdasarkan hasil analisis bahwa ketimpangan distribusi pendapatan di Sumatera Utara semakin meningkat walaupun tidak sebesar ketimpangan distribusi pendapatan di Indonesia jika dilihat dari nilai koefisien gininya, dimana koefisien gini di Sumatera Utara pada tahun 2013 mencapai 0,354. Tahun 2013 ketimpangan distribusi pendapatan tertinggi terjadi di Samosir 0,28 dan Tanjung Balai sebesar 0,287 sementara ketimpangan distribusi pendapatan yang paling rendah bahkan mendekati nol (pemerataan sempurna) terjadi di kabupaten Karo sebesar 0,098 dan Labuhan Batu Selatan sebesar 0,108.

Kata Kunci : Ketimpangan distribusi pendapatan, koefisien gini

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v16i1.1013