ANALISIS KETIMPANGAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT KRIMINALITAS DI PROPINSI SUMATERA UTARA

Prawidya Hairani RS, Aulia Rizky Syahputri

Abstract


Tingkat Kriminalitas di Provinsi Sumatera Utara terus mengalami peningkatan diiringi dengan semakin meningkatnya Ketimpangan Ekonomi yang dilihat dari Gini Ratio Provinsi Sumatera Utara. Tindak Kriminalitas tertinggi adalah Kasus Pencurian, kasus Penganiayaan dan Kasus Narkoba. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Ketimpangan Ekonomi terhadap Tingkat Kriminalitas Provinsi Sumatera Utara.

Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan data sekunder dengan runtun waktu yaitu pada tahun 2002 sampai 2013, yang bersumber dari data Badan Pusat Statistik Sumatera Utara dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Model analisis data adalah model ekonometrika dengan persamaan Analisis Linier Sederhana Metode Kuadrat Terkecil (Ordinary Least Square/OLS) dengan mempergunakan E-Views 8.0 sebagai pengolah data penelitian.

Berdasarkan hasil estimasi bahwa ketimpangan ekonomi (GR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kriminalitas di Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil analisis tipologi klassen penulis dapat mengetahui pengelompokkan kabupaten/kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan jumlah tindak criminal serta ketimpangan ekonomi dan jumlah tindak kriminal yang dibagi menjadi 4 kuadran.

Kata Kunci : Ketimpangan Ekonomi (Gini Ratio/GR), Tingkat Kriminalitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v16i1.1018