PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KARTU MENTARI PADA PT. INDOSAT Tbk. MEDAN

Nel Arianty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Kartu Mentari. Untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Kartu Mentari, untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Kartu Mentari dan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Kartu Mentari.
Tehnik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu suatu proses penganalisaan serta pengelompokan, kemudian diinterpretasikan sehingga akan diperoleh gambaran yang sebenarnya tentang masalah yang diteliti. Selanjutnya dalam menganalisis data hasil jawaban responden digunakan statistik deskriptif. Selanjutnya dilakukan Analisis Faktor. Analisis Faktor bertujuan untuk menemukan suatu cara meringkas informasi yang ada dalam variabel asli (awal) menjadi satu set dimensi baru atau variate (faktor).

Dari hasil analisis terlihat bahwa nilai KMO MSA (Keiser Meyer Olkin Measure of Sampling Adequacy) pada tabel adalah 0,525. Hasil menunjukkan bahwa instrumen valid karena nilai KMO MSA (Keiser Meyer Olkin Measure of Sampling Adequacy) melebihi batas signifikansi 0,50. Selain itu, Bartletts Test of Sphericity menunjukkan nilai 443,762 dengan signifikansi 0,000 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa instrumen cukup valid.


Keywords


Keputusan Pelanggan, Promosi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v13i1.234