Pengenalan Perangkat Lunak E-CRM UMKM Untuk Peningkatan Loyalitas Pelanggan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Kelapa Kurung

Vidila Rosalina, Harsiti Harsiti, Akip Suhendar, Saefudin Saefudin, Erma Perwitasari

Abstract


UMKM-UMKM di desa Kelapa Kurung hampir semua masih dikelola secara tradisional dan belum memanfaatkan sistem informasi. Saat ini pendekatan bisnis modern dilakukan dengan memperhatikan terhadap faktor kastamer/pelanggan, baik sebelum pelanggan melakukan pembelian maupun setelah melakukan pembelian. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang bertujuan untuk peningkatan loyalitas pelanggan ini disebut dengan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Perangkat lunak E-CRM yang ada saat ini lebih berfokus kepada perusahaan-perusahaan besar, sehingga manfaatnya belum sampai menyentuh UMKM. Pengabdian ini merupakan keberlanjutan dari penelitian terapan 2018 yang menghasilkan perangkat lunak E-CRM bagi UMKM. Pengabdian ini mencoba melakukan pengenalan perangkat lunak E-CRM pada UMKM di Desa Kelapa Kurung Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan UMKM di desa tersebut. Perangkat lunak E-CRM ini diharapkan dapat membantu UMKM di desa Kelapa Kurung dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan sehingga UMKM dapat bersaing dalam mempertahankan usaha bisnisnya.. Hasil pengabdian ini diharapkan mampu memperkenalkan perangkat lunak E-CRM UMKM dan pentingnya E-CRM dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan UMKM di desa Kelapa Kurung.

Keywords


Perangkat lunak E-CRM UMKM, Desa Kelapa Kurung, Loyalitas Pelanggan, UMKM.

Full Text:

PDF

References


Riski Putri. 2018. Jumlah UMKM Tumbuh Pesat, Kabar Banten tanggal 20 Maret 2018.

Rifa'i, B. 2013. Efektivitas Pemberdayaan UMKM Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik, 130-136.

Rosalina, Vidila, dkk. 2017. Sosialisasi Manfaat E-CRM dalam Upaya Meningkatkan Retensi Pelanggan UMKM Cilegon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita Vol 1 No 1, November 2017.

Rosalina, Vidila, dkk. 2019. Pengenalan Perangkat lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Desa Harjatani, KUAT: Keuangan dan Akuntansi Terapan vol.2 (2) , 2019.

Rosalina, Vidila, dkk. 2019. Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Application as Efforts to Increase Customer Retention of Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Banten Indonesia, International Journal of Computer Applications (0975 8887) Volume 182, January 2019.

Sawitri,P., Wulandari, L., Simri, L.I.W. 2012. CRM untuk UKM, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, STMIK - STIKOM Bali 23-25 Pebruari 2012.




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v19i2.3825