THE EFFECT OF HALAL LABEL, PRODUCT QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION WARDAH COSMETICS

Mirza Astia Amri, Asiah Hasibuan

Abstract


This study aims to determine the effect of the halal label, product quality, and price on consumer satisfaction with wardah cosmetics. The method used is a quantitative approach method with multiple regression data analysis using independent variables including halal labels, product quality and prices that affect the dependent variable, namely consumer satisfaction with a total sample of 32 respondents. The results of the analysis stated that the halal label had an effect of 24.3% on customer satisfaction, product quality had an effect of 34.1% on satisfaction and price had no effect on satisfaction with a value of -9.84%.


Full Text:

PDF

References


Agama RI, Departemen. Mushaf Almumayyaz Al0Quran Terjemah, Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2014

Bagian Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal DEPAG, Petunjuk Teknis

Sistem Produksi Halal, Jakarta: Depag, 2003

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2013

Departemen Agama, Bunga Rampai Jaminn Produk Halal di Negara Anggota MABIMS, Jakarta: Depag, 2003

Emir, Himpunan Fatwa MUI Bidang POM dan IPTEK, Jakarta: Erlangga, 2015

Erawati, Menyingkap Produk-Produk Haram, Yogyakarta: Wahana Cendikia, 2008

Hadi, Sutrisno. Statistik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015

Hamdani, Lambat Lupiyoadi A. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, Jakarta: Salemba, 2007

Hasan, Sofyan. Sertifikasi Halal dalam Hukum Positif Regulasi dan Implementasi di Asia, Yohyakarta: Aswaja Pressindo, 2014

Istijanto, Aplikasi Praktis Riset Manajemen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 2009

Kasmir, Manajemen Perbankan, Jakarta: Raja Grafindo, 2000

Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2011

Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2009

Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia, 2007

Mardalis, Metode Penelitian dan Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Mashudi, Kontruksi Hukun dab Respon Masyarakat Terhadap Sertifikasi Produk Halal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015Masykuroh, Ely. Pengantar Teori Ekonomi, Ponorogo: Stain Press, 2008

Neolaka, Amos. Metode Penelitian dan Statistik, Bandung: Remaja Rusdakarya, 2014

Sertifikat Halal MUI 1994

Siregar, Sofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kwantitatif, Jakarta: Bumi aksara, 2014

Sugiono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2013

Sugiharsono, Dasar-Dasar Ekonomi, Yogyakarta: Rajagrafindo, 2019

Sumantri, Ating dan Ambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2011

Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. 2011

Swasta,Bayu. Azas-Azas Marketing, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 1999

Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi, 2008

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akabar, Pengantar Statistika, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

UU RI No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk

Yusuf Qardawi, Halal Haram dalam Islam, Jakarta: Intermedia, 2003

Zainal, Veitzhal Rivai. Islamic Marketing Management, Jakarta: Bumi Aksara, 2017

Andriani, Lilik. 2017. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pemebelian Produk Kosmetik Wardah di Bandar Lampung.Universitas Bandar Lampung.

Habibah, Ummu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap KeputusanPembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura.Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31 48, Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016.

Herliani, Yeni. 2016.Pengaruh Perilaku Konsumen dan Label Halal Produk Makanan Rumah Tangga Terhadap Keputusan Konsumsi di Palangka Raya (Keluarga Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Palangka Raya). Universitas Institusi Agama Islam Negeri Palangka Raya

Widodo,Tri. 2015. Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap keputusan Pemebelian Konsumen pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.