THE EFFECT OF HALAL LABEL, PRODUCT QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION WARDAH COSMETICS
Abstract
This study aims to determine the effect of the halal label, product quality, and price on consumer satisfaction with wardah cosmetics. The method used is a quantitative approach method with multiple regression data analysis using independent variables including halal labels, product quality and prices that affect the dependent variable, namely consumer satisfaction with a total sample of 32 respondents. The results of the analysis stated that the halal label had an effect of 24.3% on customer satisfaction, product quality had an effect of 34.1% on satisfaction and price had no effect on satisfaction with a value of -9.84%.
Full Text:
PDFReferences
Agama RI, Departemen. Mushaf Almumayyaz Al0Quran Terjemah, Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2014
Bagian Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal DEPAG, Petunjuk Teknis
Sistem Produksi Halal, Jakarta: Depag, 2003
Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2013
Departemen Agama, Bunga Rampai Jaminn Produk Halal di Negara Anggota MABIMS, Jakarta: Depag, 2003
Emir, Himpunan Fatwa MUI Bidang POM dan IPTEK, Jakarta: Erlangga, 2015
Erawati, Menyingkap Produk-Produk Haram, Yogyakarta: Wahana Cendikia, 2008
Hadi, Sutrisno. Statistik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Hamdani, Lambat Lupiyoadi A. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, Jakarta: Salemba, 2007
Hasan, Sofyan. Sertifikasi Halal dalam Hukum Positif Regulasi dan Implementasi di Asia, Yohyakarta: Aswaja Pressindo, 2014
Istijanto, Aplikasi Praktis Riset Manajemen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 2009
Kasmir, Manajemen Perbankan, Jakarta: Raja Grafindo, 2000
Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2011
Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2009
Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia, 2007
Mardalis, Metode Penelitian dan Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Mashudi, Kontruksi Hukun dab Respon Masyarakat Terhadap Sertifikasi Produk Halal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015Masykuroh, Ely. Pengantar Teori Ekonomi, Ponorogo: Stain Press, 2008
Neolaka, Amos. Metode Penelitian dan Statistik, Bandung: Remaja Rusdakarya, 2014
Sertifikat Halal MUI 1994
Siregar, Sofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kwantitatif, Jakarta: Bumi aksara, 2014
Sugiono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2013
Sugiharsono, Dasar-Dasar Ekonomi, Yogyakarta: Rajagrafindo, 2019
Sumantri, Ating dan Ambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2011
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. 2011
Swasta,Bayu. Azas-Azas Marketing, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 1999
Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi, 2008
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akabar, Pengantar Statistika, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
UU RI No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk
Yusuf Qardawi, Halal Haram dalam Islam, Jakarta: Intermedia, 2003
Zainal, Veitzhal Rivai. Islamic Marketing Management, Jakarta: Bumi Aksara, 2017
Andriani, Lilik. 2017. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pemebelian Produk Kosmetik Wardah di Bandar Lampung.Universitas Bandar Lampung.
Habibah, Ummu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap KeputusanPembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura.Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31 48, Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016.
Herliani, Yeni. 2016.Pengaruh Perilaku Konsumen dan Label Halal Produk Makanan Rumah Tangga Terhadap Keputusan Konsumsi di Palangka Raya (Keluarga Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Palangka Raya). Universitas Institusi Agama Islam Negeri Palangka Raya
Widodo,Tri. 2015. Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap keputusan Pemebelian Konsumen pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v2i1.13076
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v2i1.13076.g8351
Refbacks
- There are currently no refbacks.