THE ROLE OF ISLAMIC EDUCATION AS A MORAL FOUNDATION TO THE YOUNG GENERATION OF ISLAM IN DISRUPTION ERA

Muhammad Danial, Mgr Sinomba Rambe, Tahmid Miftachurrozaq, Riskawati Saleh

Abstract


Munculnya perbuatan maksiat dan berbagai persoalan maksiat merupakan masalah yang mengancam akhlak generasi muda umat Islam di era disrupsi; hal ini menunjukkan pentingnya keberadaan pendidikan Islam dalam upaya menjawab permasalahan tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji moralitas generasi muda umat Islam dan peran pendidikan Islam di era disrupsi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan tinjauan pustaka (literature review). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pesatnya arus informasi di era disrupsi yang tidak diimbangi dengan penguatan moral menjadi penyebab munculnya berbagai permasalahan moralitas di kalangan generasi muda umat Islam. 2) Penanaman nilai-nilai moral pada generasi muda muslim yang terintegrasi dengan kemajuan di era disrupsi merupakan pondasi pendidikan Islam saat ini. 3) Penerapan gaya hidup menurut ajaran Islam menunjukkan pentingnya pendidikan Islam sebagai landasan moral generasi muda umat Islam di era disrupsi. Internalisasi nilai-nilai moral dalam pendidikan Islam belum maksimal sehingga menimbulkan permasalahan moral bagi generasi muda umat Islam. Untuk itu diperlukan integrasi pendidikan Islam dengan kemajuan di era disrupsi untuk menjadi media pembiasaan gaya hidup sesuai ajaran Islam. Pada level seperti itu, pendidikan Islam menjadi landasan moral generasi muda umat Islam.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2021). Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282

Abror, R. H. (2013). Relasi pendidikan dan moralitas dalam konsumsi media; Perspektif filsafat pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 401–418. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.401-418

Adriansyah, Muhammad Ali, and M. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi moralitas remaja awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi ( Content Analysis ). Research Gate, 5(9), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804

Almanda, Mely Putri, and A. A. (2021). Peran Keluarga Dalam Membangun Moralitas Anak. Altruistik: Jurnal Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 1(2).

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 181–192.

Ansori, R. A. M. "Strateg. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka, 4(2), 14-32.

Arif Setiawan, A., Wijayanti, C. N., Yuliatmojo, W., Setiawan, A. A., & Surakarta, U. (2022). Moralitas Bermedia Sosial (Distorsi Etika dalam Perspektif Halal Media : Standar Etika Komunikasi Publik). AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 38.

Arifi, A. (2010). Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Penerbit Teras.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June, 10.

Damhuri, K. Y. and D. (2018). Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient Di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117-136.

Habibah, S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 40–58. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.624

Hasibuan, A. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Kumpulan Cerpen Para Perempuan Di Tanah Serambi Karya Rinal Sahputra. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Hidayat, A., Hadi, S., & Marlin, S. (2021). Strategi Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam …, 4(2), 215–233.

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144-152.

I Wayan Mastra, I. B. G. B. A. (2020). Peran Lingkungan Membentuk Generasi Muda Cerdas,Berkualitas Dan Berbudi Pekerti Luhur. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.3756913

Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316

Ihsan, M. (2012). Hukum Islam Dan Moralitas Dalam Masyarakat Madani. Al-Ahkam, 22(1), 27–42.

Kiranti, Nandia, Dinie Anggraeni Dewi, and Y. F. F. (2021). Pembelajaran Kewarganegaraan Sebagai Upaya Peningkatan Moralitas anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7203-7209.

KPAI, D. D. dan P. (2021). Data Kasus Perlindungan Anak 2016 – 2020. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Laurensius Arliman, Ernita Arif, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradai Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Luthfiyah, Rifa, and A. A. Z. (2021). "Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Temulus." Jurnal Golden Age, 5(2), 513-526.

Masluhah, M., Afifah, K. R., & Salik, M. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 317–338. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.2.317-338

Moh. Fachri. (2015). Kekerasan Dalam Diskursus Filsafat Moral. At-Turāṡ, 2(2), 164.

Muhadjir, N. (2011). Metodologi Penelitian Edisi VI Pengembangan 2011. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Munjiat, S. M. (2018). Peran Agama Islam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 172.

Muvid, M. B. (2021). Pemikiran Thomas Aquinas: Relevansi Pendidikan Spiritual dan Moral Aquinas dengan Pendidikan Islam di Tengah Era Disrupsi. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 131–158. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.418

Noviati, W., & Belajar, H. (2022). Strategi Penanaman Pendidikan Akhlak di Era Disrupsi. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27.

Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74

Nuwairah, N. (2021). Peace Building: Tantangan Dakwah di Era Disrupsi. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 47. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.3899

Pangestu, R., & Patriansyah, M. (2021). Desain Komunikasi Visual Dan Moralitas. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(2), 125–130. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1740

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948

Priono, A. (2022). Integrasi Ilmu dan Agama dalam Upaya Membangun Etika dan Pendidikan Moral dalam Pembelajaran Islam. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 65–71.

Pulungan, S. (2011). Membangun Moralitas Melalui Pendidikan Agama. Al-Hikmah: Jurnal Keilmuan Keislaman, 8(1), 1–17. https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1533

Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 244-257.

Ramli, M. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam Ke Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mulawarman Banjarmasin. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12(21), 111–132.

Sayyidi, S., & Sidiq, M. A. H. (2020). Reaktualisasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 105. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.520

Setyaningsih, R. (2014). Bahaya Berkomunikasi Di Media Sosial. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 9(2), 91–103.

Setyawati, Y., Septiani, Q., Ningrum, R. A., & Hidayah, R. (2021). Imbas Negatif Globalisasi Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306–315. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Tasnur, Irvan, and A. S. (2010). perkembangan dan relevansinya Terhadap problematika di era disrupsi. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 6(1), 33-51.

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555

Utoro, D. Y. S., Susetyo, S., & Ariesta, R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Media Sosial Facebook. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 150–166.

Wantu, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa. Irfani, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1310

Wijaya, N. R. Y. (2019). Perbuatan Moral dan Pertimbangan Batin Ideal: Menelusuri Filsafat Etika di Dalam Studi Islam. Jurnal Kariman, 7(1), 109–128. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i1.106

Wijayanti, I. (2020). Kemerosotan Nilai Moral yang Terjadi pada Generasi Muda di Era Modern.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.