THE ROLE OF ISLAMIC EDUCATION AS A MORAL FOUNDATION TO THE YOUNG GENERATION OF ISLAM IN DISRUPTION ERA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2021). Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282
Abror, R. H. (2013). Relasi pendidikan dan moralitas dalam konsumsi media; Perspektif filsafat pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 401–418. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.401-418
Adriansyah, Muhammad Ali, and M. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi moralitas remaja awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi ( Content Analysis ). Research Gate, 5(9), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804
Almanda, Mely Putri, and A. A. (2021). Peran Keluarga Dalam Membangun Moralitas Anak. Altruistik: Jurnal Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 1(2).
Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 181–192.
Ansori, R. A. M. "Strateg. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka, 4(2), 14-32.
Arif Setiawan, A., Wijayanti, C. N., Yuliatmojo, W., Setiawan, A. A., & Surakarta, U. (2022). Moralitas Bermedia Sosial (Distorsi Etika dalam Perspektif Halal Media : Standar Etika Komunikasi Publik). AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 38.
Arifi, A. (2010). Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Penerbit Teras.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June, 10.
Damhuri, K. Y. and D. (2018). Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient Di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117-136.
Habibah, S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 40–58. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.624
Hasibuan, A. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Kumpulan Cerpen Para Perempuan Di Tanah Serambi Karya Rinal Sahputra. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Hidayat, A., Hadi, S., & Marlin, S. (2021). Strategi Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam …, 4(2), 215–233.
Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144-152.
I Wayan Mastra, I. B. G. B. A. (2020). Peran Lingkungan Membentuk Generasi Muda Cerdas,Berkualitas Dan Berbudi Pekerti Luhur. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.3756913
Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316
Ihsan, M. (2012). Hukum Islam Dan Moralitas Dalam Masyarakat Madani. Al-Ahkam, 22(1), 27–42.
Kiranti, Nandia, Dinie Anggraeni Dewi, and Y. F. F. (2021). Pembelajaran Kewarganegaraan Sebagai Upaya Peningkatan Moralitas anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7203-7209.
KPAI, D. D. dan P. (2021). Data Kasus Perlindungan Anak 2016 – 2020. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).
Laurensius Arliman, Ernita Arif, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradai Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Luthfiyah, Rifa, and A. A. Z. (2021). "Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Temulus." Jurnal Golden Age, 5(2), 513-526.
Masluhah, M., Afifah, K. R., & Salik, M. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 317–338. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.2.317-338
Moh. Fachri. (2015). Kekerasan Dalam Diskursus Filsafat Moral. At-Turāṡ, 2(2), 164.
Muhadjir, N. (2011). Metodologi Penelitian Edisi VI Pengembangan 2011. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Munjiat, S. M. (2018). Peran Agama Islam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 172.
Muvid, M. B. (2021). Pemikiran Thomas Aquinas: Relevansi Pendidikan Spiritual dan Moral Aquinas dengan Pendidikan Islam di Tengah Era Disrupsi. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 131–158. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.418
Noviati, W., & Belajar, H. (2022). Strategi Penanaman Pendidikan Akhlak di Era Disrupsi. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27.
Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74
Nuwairah, N. (2021). Peace Building: Tantangan Dakwah di Era Disrupsi. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 47. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.3899
Pangestu, R., & Patriansyah, M. (2021). Desain Komunikasi Visual Dan Moralitas. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(2), 125–130. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1740
Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948
Priono, A. (2022). Integrasi Ilmu dan Agama dalam Upaya Membangun Etika dan Pendidikan Moral dalam Pembelajaran Islam. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 65–71.
Pulungan, S. (2011). Membangun Moralitas Melalui Pendidikan Agama. Al-Hikmah: Jurnal Keilmuan Keislaman, 8(1), 1–17. https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1533
Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 244-257.
Ramli, M. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam Ke Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mulawarman Banjarmasin. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12(21), 111–132.
Sayyidi, S., & Sidiq, M. A. H. (2020). Reaktualisasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 105. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.520
Setyaningsih, R. (2014). Bahaya Berkomunikasi Di Media Sosial. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 9(2), 91–103.
Setyawati, Y., Septiani, Q., Ningrum, R. A., & Hidayah, R. (2021). Imbas Negatif Globalisasi Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306–315. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Tasnur, Irvan, and A. S. (2010). perkembangan dan relevansinya Terhadap problematika di era disrupsi. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 6(1), 33-51.
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555
Utoro, D. Y. S., Susetyo, S., & Ariesta, R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Media Sosial Facebook. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 150–166.
Wantu, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa. Irfani, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1310
Wijaya, N. R. Y. (2019). Perbuatan Moral dan Pertimbangan Batin Ideal: Menelusuri Filsafat Etika di Dalam Studi Islam. Jurnal Kariman, 7(1), 109–128. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i1.106
Wijayanti, I. (2020). Kemerosotan Nilai Moral yang Terjadi pada Generasi Muda di Era Modern.
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.13835
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.13835.g8572
Refbacks
- There are currently no refbacks.