ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITALISASI

Ahmad Ridwan

Abstract


Perubahan zaman secara cepat dibuktikan dengan berkembangnya teknologi informasi yang disebut dengan istilah digitalisasi. Hal ini berdampak positif dan negatif pada seluruh aspek kehidupan termasuk aspek Pendidikan Agama Islam. PAI menjadi figur sentral dalam dunia pendidikan. Ia merupakan magnet segala pengetahuan karena mampu membentuk akhlak dan moral yang menjadi tujuan utama Pendidikan yaitu memilik karakter berakhlak mulia. Namun dalam konteks PAI modern saat ini, akhlak menjadi tujuan Pendidikan yang sulit untuk dibuktikan. Peran PAI saat ini telah mengalami pergeseran sebagai simbol keagamaan semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Isu kontemporer peran PAI diera digitalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder berasal dari buku dan hasil penelitian yang relevan. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui telaah kepustakaan, yaitu mencari data mengenai berupa catatan-catatan, buku, surat kabar, majalah, internet dan sebagainya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Era Digitalisasi seharusnya menjadi peluang besar bagi pendidikan Agama Islam untuk dapat mengoptimalkan sumber dayanya dalam melahirkan generasi yang berakhlak mulia dan berkarakter, sehingga PAI diharapkan mampu menunjukkan perannya di tengah peradaban dunia serta mampu menunjukkan eskistensinya dengan menawarkan solusi yang kreatif pada dunia Pendidikan dimasa sekarang dan akan datang.

 

 


Full Text:

PDF

References


Rohani M.M., & Yusoff, A. S. (2015). Tahap Kesediaan Pelajar Dalam Penggunaan Teknologi, Pedagogi, Dan Kandungan (TPACK) Dalam Pembelajaran Kurikulum di IPT. Proceeding of the 3rd International Conference on Artificial Intelligence and Computer Science, Pulau Pinang.

Alfinnas, S. (2018). Arah baru pendidikan Islam di era digital. Fikrotuna, 7(1), 803-817. Achmaidi. (2008). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Pustaka Pelajar. Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media,. 01(01).

Arifin, A. (2010). Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Teras.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Asmendri, S. dan. (2020). penelitian kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 41–43.

Khoiriyah, R. (2017). Revitalisasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Kiai Hasyim Asy’ari. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).

Lamatenggo, U. and N. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan

Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144-157.

Rahman, M. (2018). Multikulturalisasi Pendidikan Islam Sejak Dini di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 818-833.

Rahmat. (2014). Masa Depan Pendidikan Beragama E-Learning in Online . Geliat Manusia dalam Semesta Maya, N. Jatri, ed. Ekspresi.

S. Lestari, N. (2010). Pendidikan Islam Konstektual. Pustaka Pelajar.

Yahya. (2015). Posisi Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional di Era Otonomi Daerah. Ilmiah Keislaman, XII(01), 78–101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.