EKSISTENSI M-RADIO TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI
Abstract
M-Radio 91,6 FM merupakan badan usaha milik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). M-Radio adalah radio komersial bukan sebagai radio komunitas. M-Radio satu-satunya radio kampus di sumatera utara yang bersifat komersial. Format isi siaran radio mencerminkan nilai-nilai islami, bahasa yang digunakan juga tidak vulgar. M-Radio aktif dalam menyiarkan dakwah Muhammadiyah serta turut mensosialisasikan UMSU ditengah-tengah masyarakat. M-Radio diharapkan mampu berperan sebagai badan usaha UMSU yang potensial dan maju dalam hal bisnis penyiarannya. Di era digital saat ini siaran radio mulai ditinggalkan karena menjamurnya media online, sehingga mengalahkan eksistensi radio. Saat ini siapa saja bisa membuat siaran radio dengan biaya terjangkau, seperti radio online dan radio streaming. Masyarakat lebih tertarik menggunakan fasilitas internet daripada mendengarkan radio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana pihak M-Radio menjaga eksistensi dalam menghadapi persaingan teknologi informasi dan komunikasi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Dalam hal ini yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana manajemen M-Radio menjaga eksistensinya dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hasil dari penelitian ini nantinya untuk memberi masukan kepada M Radio sebagai bahan pertimbangan untuk mengikuti selera pasar guna menjaga eksistensinya.
Kata kunci: Radio, Teknologi Informasi dan Komunikasi
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v1i2.1202
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0