Strategi Personal Branding Comedian Influencer di Media Sosial

Tri Riska Utami, Maylanny Christin

Abstract


ABSTRAK

Saat ini, personal branding mulai mencuri banyak perhatian orang. Personal branding biasanya dilakukan oleh artis, influencer, public figure, serta tokoh ternama lainnya, salah satunya yaitu Aul “Tutorial Hidub”. Sebagai sosok yang dikenal oleh banyak orang, Aul menerapkan strategi personal branding di akun media sosialnya. Dengan membangun personal brand, khalayak dapat mengenal sosok Aul dalam bidang tertentu hingga disebut sebagai comedian influencer dan content creator. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi personal branding yang dilakukan oleh Aul sebagai comedian influencer di media sosial mulai dari awal karir hingga saat ini. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam bersama Aul sebagai informan utama. Selain itu, penulis juga melakukan observasi terkait data dokumentasi yang bersumber dari media sosial untuk mendukung hasil pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aul memiliki strategi personal branding yaitu dengan menjadi dirinya sendiri. Aul memahami karakter asli dan bidang yang ia kuasai, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai personal brand yang dapat ditanamkan di benak khalayak.

Kata Kunci: Personal Branding, Media Sosial, Influencer, Strategi

 

ABSTRACT

Currently, personal branding is starting to get people's attention. Personal branding is usually done by artists, influencers, public figures, and other well-known figures, one of which is Aul "Tutorial Hidub". As a well-known figure, Aul implements a personal branding strategy on his social media accounts. By building a personal brand, audiences can get to know Aul's figure in certain fields so that he is known as a comedian influencer and content creator. This study aims to find out how personal branding strategies were carried out by Aul as a comedian influencer on social media from the beginning of his career to the present. The method used is a qualitative approach with descriptive analysis. Data collection techniques were carried out by conducting in-depth interviews with Aul as the main informant. In addition, the authors also made observations regarding data sourced from social media to support the results of this study. The results of this study indicate that Aul has a personal branding strategy, namely by being himself. Aul understands the original character and the field he is good at, so that it can be used as a personal brand that can be applied in the minds of the public.

Keywords: Personal Branding, Social Media, Influencer, Strategy


Keywords


Personal Branding; Media Sosial; Influencer; Strategi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.13678