Pengaruh Konten Media Sosial Instagram @Internship_ddbtelkom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Kota Bandung

Hana Ilhami, Ratih Hasanah Sudradjat

Sari


Media sosial Instagram saat ini bukan hanya digunakan untuk membagikan foto dan video. Saat ini Instagram dapat digunakan sebagai media untuk membagikan informasi. Melalui Instagram khalayak tidak perlu membuka portallberita melalui website karena semua berita bisa di dapatkan melalui satu platform yakni Instagram.dengan begitu instagram memudahkan para penggunanya untuk saling berbagi informasi kepada pengguna lainnnya, salah satu perusahaan BUMN yaitu Telkom Indonesia khususnya departemen Direktorat Digital Business memanfaatkan sosial media sebagai platform informasi seputar magang. Dilakukannya penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten media sosial Instagram @internship_ddbtelkom terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa di kota Bandung. jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuisioner melalui instastory dan WAG. Mahasiswa aktif di kota Bandung adalah populasi pada penelitian ini. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, ujiiheterokedastisitas, uji regresiisederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis T. berdasarkan hasil penelitian yang telah di uji memperoleh hasil bahwa variabel x yaitu konten media sosial diperolehhhasil yang signifikan positif terhadap variabel y yaitu kebutuhan informasi, variabel konten media sosial memberikan pengaruh sebesar 85,6% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa di kota Bandung, sementara itu sisanya sebesar 14,4% merupakan faktor yang tidak diteliti oleh peneliti padaapenelitian ini.

Kata Kunci: Konten, Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi


Kata Kunci


Konten, Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Hidayat, A. A. (2013). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Salemba Medika.

Helen, & Rusdi, F. (2018). Followers355Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia.

Ricko, & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube. Prologia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Alfabeta.

Sari, N. P., & Rina, N. (2022). Pengaruh Konten Media Sosial Instagram @laakfkb terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Akhir FKB. Journal Education ANd Development.

Triyono, A., & Marhuda, N. K. (2020). Studi Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 50-67.




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i1.13704

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: