Motif Pembelian dan Word of Mouth pada Konsumen Produk Skincare Lokal Organik

Annisa Putri Saphira, ira dwi mayangsari

Sari


Tren meningkatnya kepedulian konsumen terhadap lingkungan dan kesadaran untuk meningkatkan kualitas kesehatan memunculkan banyak produk kecantikan berbahan dasar organik dari berbagai merek. Konsumen mempertimbangkan motif rasional dan motif emosional dalam menggunakan skincare organik. Studi ini menggunakan metode mix method untuk mengeksplorasi motif rasional dan emosional dalam memilih produk skincare organic melalui online survey terhadap 101 responden dan wawancara dengan 10 informan.  Hasil penelitian memperlihatkan  responden memberi perhatian pada variabel motif rasional sebesar 84,57% dan 81,14% pada motif emosional. Selain itu, hasil wawancara mengungkap word of mouth melalui kerabat, influencers, iklan, sosial media, dan juga kampanye sosial menjadi perhatian konsumen.


Kata Kunci


Motif Rasional, Motif Emosional, Word of Mouth, Skincare local, Organik

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmad, SNB and Omar A. 2018. “Influence of Perceived Value and Personal Value on Consumers Repurchase Intention of Natural Beauty Product”. International Journal of Supply Chain Management.

Al-Faqir, Anisyah. 2021. “Hasil Survei: Produk Skincare Laris Manis Selama Pandemi Covid-19.” Liputan6.Com, July 28.

Cresswell. 2008. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar diterjemahkan oleh Achmad Fawaid.

Fajrina, Erika Larasati, Cecep S. Barkah, Arianis Chan, and Pratami Wulan Tresna. 2021. “ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI DEILICIOUS KITCHEN SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN STRATEGI PRODUK DAN HARGA.” Maker: Jurnal Manajemen 7(1):1–14.

Jayani, Dwi Hadya. 2021. “Produk Kesehatan Dan Kecantikan Paling Laku Saat Pandemi.” Katadata Research Center, October 27. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/27/produk-kesehatan-dan-kecantikan-paling-laku-saat-pandemi

Kartika Dewi, Retia. 2021. “4 Merek Masker Organik Ini Ilegal, Belum Kantongi Izin BPOM, Apa Saja?” Kompas.Com, January 31.

Kim HY and Chung J. 2011. “Consumer Purchase Intention for Organic Personal Care Products ”. Journal of Consumer Marketing vol 28 no.1.

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Merthayoga, W. P. I., & Sunaryo, S. (2013). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, citra merek, dan word of mouth terhadap minat beli konsumen dengan metode structural equastion modeling (studi kasus: peminat produk ponsel X di Surabaya). In Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVII. Surabaya: Jurnal Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Moenardy, Khalid K., and Fajar Shavira Cahya Winarni. 2022. “PENGARUH WORD OF MOUTH DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.” JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s) 15(3):495–514.

Novandari, W. 2011. “Analisis Motif Pembelian dan Profil Perilaku Green Product Customer” JEBA, Vol 13, No.1

Pishbahar, E., Mahmoudi, H., & Hayati, B. (2020). The Survey of Heterogeneity on Organic Products Consumers’ Preferences Using Mixed Logit and Latent Class Models: (Case Study Organic Tea Consumers in Tehran). Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 32(3), 220-233.

Siti Parhani. (2021). ‘Influencer’ dan ‘Beauty Privilege’: Ketimpangan yang Harus Dibicarakan. Magdalene.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Yeon Kim, H., & Chung, J. E. (2011). Consumer purchase intention for organic personal care products. Journal of consumer Marketing, 28(1), 40-47.

Yusa, Viola De. 2015. “Pengaruh Motif Rasional Dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Blackberry Di Bandar Lampung.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 9(2):97–111. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/40




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i1.14443

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: