Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Human Relations Dalam Komunikasi Organisasi Pada Startup Di Indonesia

Diyah Deviyanti, Eulis Utami

Abstract


Saat ini, banyak anak muda yang tertarik untuk memilih karir di dunia startup, yaitu perusahaan rintisan untuk mengembangkan sebuah produk berbasis teknologi. Menurut data hasil survei World Economic Forum (WEF) tahun 2019 bahwa minat kerja anak muda di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yaitu untuk bekerja di perusahaan rintisan (startup) atau mendirikan perusahaan rintisan di masa depan. Bekerja di startup dinilai menjadi kebanggaan anak muda saat ini, karena selain fleksibilitas jam kerja, gaya komunikasi di perusahaan startup yang cenderung horizontal, di mana para atasan dan bawahan dapat berkomunikasi dua arah secara langsung, tidak bersifat birokratis, menjadi daya tarik anak muda untuk terjun di dunia startup. Tentunya, dalam proses komunikasi tersebut, hubungan antar manusia (human relations) menjadi kunci untuk membangun komunikasi yang persuasif dan efektif demi mencapai tujuan bersama organisasi. Keith Davis (1957) mengatakan bahwa dalam menjalin hubungan dengan manusia, ada delapan prinsip yang harus dipegang untuk mengembangkan human relations yang lebih baik dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip hubungan antar manusia (human relations) berdasarkan teori Keith Davis dalam komunikasi organisasi pada startup yang ada di Indonesia, yaitu Zuzu Hospitality. Hasil analisis menemukan bahwa Zuzu Hospitality menerapkan delapan prinsip human relations.


Keywords


Komunikasi Organisasi, Startup Indonesia, Human Relations

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14517

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0