Analisis Perencanaan dan Strategi Pemasaran Digital Perusahaan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19: Tinjauan Pustaka Sistematis

Alia Noor Fadliana

Sari


Pemasaran digital kini menjadi salah satu strategi utama dalam berbagai industri karena efeknya yang signifikan dalam menekan biaya iklan, menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan minat beli, bahkan kepercayaan pelanggan. Para manajer pemasaran harus mengeksplorasi, menganalisa, dan memanfaatkan berbagai alat pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO), media sosial, iklan berbayar, serta pemanfaatan big data. Berkembangnya pemasaran digital tidak hanya didukung oleh teknologi, tapi juga berubahnya perilaku manusia. Fenomena pandemi COVID-19 pun besar pengaruhnya terhadap pemasaran digital, karena imbasnya yang sangat hebat terhadap bisnis, industri, dan juga kehidupan sehari-hari manusia. Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk melihat perkembangan kajian akan pemasaran digital tiga tahun sebelum hingga tiga tahun selama pandemi terjadi. Data-data dicari dengan tinjauan pustaka sistematis yang menemukan 26 artikel untuk dikaji yang terindeks dalam Scopus database. Ditemukan bahwa sebelum pandemi, artikel mengenai pemasaran digital secara kuantitas tidak sebanyak dibanding saat masa pandemi. Konteks dan konsep pun semakin berkembang selama COVID-19, karena alat-alat pemasaran digital menjadi alternatif baru untuk mencari dan terpapar oleh informasi baru. Dari hasil yang ditemukan, konteks pariwisata menjadi paling banyak dibahas karena merupakan industri yang paling terdampak selama COVID-19 dan bahwa pemasar semakin peduli pada aspek keberlanjutan dalam perusahaan.


Kata Kunci


pemasaran digital, strategi pemasaran, perencanaan pemasaran, COVID-19

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14550

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: