Analisis Pengelolaan City Branding “Explore Makassar” Dinas Pariwisata Kota Makassar Pasca Pandemi

Pearly Claire Christabella Lambe, Indria Angga Dianita

Sari


Explore Makassar merupakan City Branding yang diberikan kepada Kota Makassar oleh KEMENPAREKRAF RI pada tahun 2017. Memasuki pasca pandemi di tahun 2020 ini, Dinas Pariwisata Kota Makassar berusaha dalam menyusun strategi untuk memulihkan sektor pariwisata Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan City Branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar terhadap brand Explore Makassar dalam menghadapi pasca pandemi COVID-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan teknik observasi serta teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan city branding “Explore Makassar” yang dilaksanakan oleh DinasnPariwsata Kota Makassar adalah terkait dengan visi dan strategi, budaya internal, komunitas lokal, sinergitas, infrastruktur, cityscapes & gateways, peluang dan komunikasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i1.14816

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: