Peran Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton dalam Mengkampanyekan Slogan “Moderasi Beragama”

Abdul Azis Pangibi, Ansar Suherman, Muhammad Hidayatullah

Sari


Indonesia merupakan negara yang memiliki pluralitas keagamaan. Oleh karena itu Perlu adanya elemen yang dapat mengkampanyekan slogan moderasi beragama agar kerukunan keberagaman agama dapat terjalin dengan baik. Dalam hal ini Indonesia memiliki Kementerian Agama yang menaungi urusan-urusan keagamaan. Dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama, perlu adanya peran humas Kantor Kementerian Agama agar kampanye moderasi beragama dapat terencana dengan baik. Kantor Kementerian Agama juga ikut serta dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengkampanyekan slogan moderasi beragama, Humas Kantor Kementerian Agama menggunakan dua peran utama, yakni sebagai manajer dan teknisi. Dengan menggunakan dua peran tersebut, Humas Kantor Kementerian Agama dapat mengkampanyekan slogan moderasi beragama dengan baik. Namun terdapat beberapa hambatan yakni kurangnya koordinasi antara humas dengan bagian lain dan tersuspendnya website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton. Namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan saling berkoordinasi dengan kolaborasi. 

Kata Kunci


Peran Humas; Kementerian Agama; Moderasi Beragama

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsepta, N. N. (2020). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responbility (Studi Pada Bina Lingkungan Pt. Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol). 1–6.

Chandra, D. (2017). Peranan humas PT pusri palembang dalam menjaga hubungan baik dengan pemerintah. Peranan Humas PT Pusri Palembang Dalam Menjaga Hubungan Baik Dengan Pemerintah, 13–26.

Dwita Aida Novianti, 2017. (2020). Peranan Humas Pemerintah Daerah Dalam Menyebarluaskan Informasi Pembangunan Daerah ( Studi di Kantor Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2017 ) Dwita Aida Novianti , Reta Mahriani , R . A Wulantari Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Univer. 4(2).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Rizky, F. U., & Syam, N. (2021). Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 16–33. https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33

Tantizul. (n.d.). Moderasi Beragama - Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Retrieved January 11, 2023, from https://purbalingga.kemenag.go.id/moderasi-beragama/

Wahyuningsih, L. (2014). Tugas Dan Fungsi Public Relation Dalam Organisasi. Fungsi PTBBN, 1–82. https://eprints.uny.ac.id/17909/1/TA. ADE SAFITRI.pdf




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i1.15596

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: