Analisis Efektivitas Social Media Presence dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Babah Kacamata

Figelly Perfecteleale

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas social media presence unggahan feed Instagram dalam meningkatkan brand awareness Kopi Babah Kacamata pada generasi Z di Salatiga. Analisis tingkat efektivitas social media presence menggunakan EPIC Model yang kemudian akan dijelaskan menggunakan Teori Stimulus Organism Response. Teori Stimulus Organism Response  menjelaskan bagaimana rangsangan (stimulus) ditangkap oleh panca indera audience (organism) kemudian diterjemahkan dalam bentuk response audience terhadap rangsangan. Unggahan feed Instagram Kopi Babah Kacamata sebagai stimulus, generasi Z di Salatiga sebagai organism, serta dampak dari audiences sebagai response dalam menyadari Kopi Babah Kacamata. Objek pada penelitian ini adalah unggahan feed Instagram yang dilakukan oleh Kopi Babah Kacamata dan populasinya adalah seluruh generasi Z yang menggunakan Instagram di Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa skor rata-rata respon menggunakan skala pengukuran EPIC Model adalah 2,77 sehingga dapat dikatakan efektif. Kopi Babah Kacamata mampu memberikan stimulus yang tepat serta efektif melalui unggahan feed Instagram sehingga dapat menarik perhatian audiences dalam memberikan response kesadaran merek terhadap Kopi Babah Kacamata.

Kata Kunci: Efektivitas, EPIC Model, Brand Awareness, Teori Stimulus Organism Response




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i2.15700