Inovasi Konten Kampanye Rumah Makan Padang Payakumbuah pada Instagram untuk Meningkatkan Brand Image

Yavrina Syafarani, Burhan Bungin

Abstract


Dengan perkembangan industri rumah makan Padang di Indonesia, banyak pengusaha memasuki ranah kuliner ini. Salah satu influencer terkemuka, yaitu Arief Muhammad, turut terlibat dalam bisnis rumah makan Padang. Yang menjadikan bisnisnya begitu unik adalah penerapan strategi pemasaran yang inovatif, dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana kampanye utama. Arief Muhammad telah memilih platform media sosial Instagram sebagai alat kampanye untuk rumah makan Padang miliknya. Hasilnya, upaya kampanye ini telah berhasil memperoleh perhatian luas dari masyarakat, yang pada akhirnya mengakibatkan lonjakan kunjungan dan minat pembeli yang signifikan terhadap rumah makan Padang "Payakumbuah" yang dimilikinya. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan dampak pesan kampanye Instagram terhadap citra merek. Rumah Makan Padang Payakumbuah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada teori difusi inovasi.

Keywords


brand image, kampanye, instagram, rumah makan padang

References


Andriani, D. (2020, Desember 8). Restoran Sederhana, Jaringan Rumah Makan Padang yang Melegenda Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Restoran Sederhana, JaringanRestoran Sedrerhana, Jaringan Rumah Makan Padang yang Melegenda. Diambil kembali dari entrepreneur bisnis: entrepreneur.bisnis.com

Anugerah, P. (2019, November 29). Nasi Padang: Sejarah, kalori, dan semua hal yang perlu Anda ketahui. Diambil kembali dari BBC Indonesia: bbc.com

Asra, Z. W. (2023, Januari 2). Rumah Makan Padang Payakumbuah Buka Cabang Kedua, Arief Muhammad: Tebak Lokasinya Dimana? Diambil kembali dari alonesia: alonesia.com

Bungin, B. (2021). Post-Qualitative Social Research Methods (Kuantitatif - Kualitatif - Mixed Methods) (Positivism - Postpositivism - Phenomenology - Postmodern): Filsafat, Paradigma, Teori, Metode dan Laporan. Jakarta: Prenada Media Group.

Kompas. (2022, Agustus 25). Nasi Padanng: Sejarah Rumah Makan Padang, Ciri-ciri, dan Jenis Lauk. Diambil kembali dari kompas.com: regional.kompas.com

M., O. A. (2022, September 11). Gerai Pertama Sukses Besar, Arief Muhammad Buka Cabang Kedua Rumah Makan Padang Payakumbuah. Diambil kembali dari katasumbar: katasumbar.com

Mustajab, R. (2023, Januari 31). Indonesia Miliki 97,17 Juta Pengguna Instagram hingga Akhir 2022. Diambil kembali dari dataindonesia.id: dataindoneisa.id/

Pratomo, H. B. (2018, September 17). Siapa paling banyak dikunjungi, Restoran Padang, McDonald atau KFC? Diambil kembali dari merdeka.com: merdeka.com

R, A. A. (2022, Juli 22). Payakumbuah: Lamak Bana! Ikan Salai di RM Padang Arief Muhammad. Diambil kembali dari detikfood: food.detik.com

Rizaty, M. A. (2023, February 3). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta Pada 2023. Diambil kembali dari dataindonesia.id: dataindonesia.id/

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations. London: Free Press.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye : Panduan Teoristis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Dalam A. Venus, & R. Karyanti, Manajemen Kampanye : Panduan Teoristis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi (hal. 9). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

WS, O. (2022, Juni 11). 3 Resep Sayur Khas Rumah Makan Padang yang Cocok Buat Lauk Makan Siang. Diambil kembali dari detikfood: food.detik.com

Yunita, N. W. (2019, Desember 13). 10 Lauk Nasi Padang Enak, Yang Mana Favoritmu? Diambil kembali dari detikfood: food.detik.com




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.19298

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0