Strategi Integrated Marketing Communication dalam Fun Bike Hut Ke-45 TVRI Jawa Timur

Fikri Alvirhino, Ismojo Herdono

Abstract


Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) memiliki citra yang kuat dalam membangun hubungan dengan masyarakat di berbagai stasiun yang ada di seluruh Indonesia, termasuk Jawa Timur. Hal tersebut dibangun melalui berbagai upaya, salah satunya dengan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat guna membuka kesempatan kepada mereka untuk mengenal lebih dalam TVRI Jawa Timur. Pada kegiatan Fun Bike HUT ke-45 TVRI Jawa Timur yang mendapat antusias cukup tinggi melampaui target seribu peserta yang sudah ditetapkan. Kesuksesan dalam memasarkan kegiatan tersebut tidak lepas dari strategi komunikasi pemasaran yang mengintegrasikan berbagai media dalam prosesnya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk menjabarkan strategi Inteegrated Marketing Communication yang dilakukan tim panitia dalam menjangkau masyarakat pada Fun Bike HUT ke-45 TVRI Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication dalam mendapatkan data yang dibutuhkan. dan menggunakan metodologi penelitian kuasi-kualitatif. Pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan studi dokumen, serta penggunaan triangulasi sumber sebagai keabsahan data dalam penyempurnaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TVRI Jawa Timur telah menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran untuk memaksimalkan partisipasi dalam acara Fun Bike dengan mengintegrasi beberapa elemen dalam bauran IMC merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi, meski masih ada ruang untuk optimalisasi lebih lanjut. Dari tujuh alat komunikasi yang dianalisis, TVRI Jawa Timur berhasil menggunakan lima di antaranya secara efektif. Kampanye periklanan, pemasaran langsung, peran humas dinilai cukup signifikan, personal sales, penggunaan word of mouth dengan melibatkan seluruh saluran komunikasi. Namun terdapat dua alat komunikasi yaitu promosi penjualan dan event experience yang belum sepenuhnya optimal karena berbagai faktor. Oleh karena itu, evaluasi penelitian ini menyarankan untuk lebih fokus dalam menentukan target pasar yang lebih spesifik, sehingga dapat diperoleh keuntungan yang lebih besar dan berkelanjutan.


Keywords


Fun Bike, Strategi IMC, TVRI Jawa Timur

References


Artikel:

Bhisma, P. (2023). Bentuk Penyajian Program Acara Musik “Spektrum” Di Tvri Jawa Timur Pada Masa Penyiaran Televisi Digital. Repertoar, 4(1), 57-68.

Wahid, U. M. (2018). Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 160. Retrieved from https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.15821

Buku:

Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran (1st ed., Vol. 1). CV. Penerbit Qiara Media. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf

Suliswinarni. (2009). Ensiklopedia Sejarah Penemuan (Susilo, Ed.; Digital 2019). Alprin.

Website:

Company, T. N. (2021). Laporan Kepermisaan Televisi Wilayah Jawa & Bali Nusra Nasional Media Study 2021. Retrieved from TVRI PPID: Ppid.Tvri.Go.Id




DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i2.19304