Analisis Strategi dan Implementasi Marketing Communication antara Perbankan Konvensional dengan Perbankan Syariah
Abstract
Perkembangan pesat dalam industri keuangan telah menghadirkan tantangan yang signifikan bagi perbankan konvensional dan syariah dalam memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap strategi dan implementasi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh kedua jenis lembaga keuangan tersebut. Dengan menggali ke dalam praktik komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh perbankan konvensional dan syariah, penelitian ini tidak hanya mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan, tetapi juga mengkaji implikasi strategis dari masing-masing pendekatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis untuk menekankan seberapa efektif strategi komunikasi pemasaran dalam konteks perbankan konvensional dan syariah serta mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi oleh kedua jenis lembaga dalam menerapkan strategi tersebut. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki bagaimana praktik komunikasi pemasaran di dalam instruktur dapat dipengaruhi oleh variabel eksternal seperti perubahan regulasi, pandangan masyarakat, dan dinamika pasar. Penelitian ini, dengan menggabungkan hasil teoretis dan empiris, tidak hanya memberikan pengetahuan mendalam tentang strategi dan praktik komunikasi pemasaran dalam perbankan konvensional dan syariah, tetapi juga membangun dasar untuk praktik terbaik yang dapat membantu kedua jenis organisasi menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di pasar yang semakin kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ayugi, S. (2016). Strategi Marketing Communication Bank Btpn Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Taseto (Studi pada Bagian Humas Bank BTPN Banjarmasin) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bhattacharya, Biswas N, and Ghose, B.K, “Paper presented at flae” (1989).
Basalamah, Z. F. (2014). Analisis Perbandingan Efisiensi Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional Di Indonesia Pendekatan Non-Parametrik Data Envelopment Analisysis (Periode 2009-2012) (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking School).
Effendy, Onong Uchjana. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fredy, Rangkuti, 2008, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan kelimabelas, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Gitosudarmo, Indriyo. (1984). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Greenyer , Andrew, “The impact of different media channels on consumers and the wastage of potential advertising opportunities through existing customer communications” Journal of services Marketing, 2004, vol 8,279-290.
Hoque, M. E., Nik Hashim, N. M. H., & Azmi, M. H. B. (2018). Moderating effects of marketing communication and financial consideration on customer attitude and intention to purchase Islamic banking products: A conceptual framework. Journal of Islamic Marketing, 9(4), 799-822.
Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Cet 6. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Lovelock Christopher, “Services Marketing: People, Technology, Strategy”4th Edition, PrenticeHall.Read, 2001.
Moleong LJ. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.
Sutojo, Siswanto dan F. Kleinsteuber, 2002, Strategi Manajemen Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : Damar Mulia Pustaka, Jakarta
Utami, M. T. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Syariah. Jurnal Of Islamic Busines and Economics, 2(2).
https://www.jalin.co.id/id-id/berita/blog/mengenal-beragam-jenis-bank-yang-beroperasi-di-indonesia
Abubakar, L., & Handayani, T. (2023, July 3). Upaya percepatan transformasi digital. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmh/article/download/45256/22014
Bank-Umum. Perbankan. (n.d.). https://ojk.go.id/id/kanal/perbankan/pages/Bank-Umum.aspx
Burhan, F. A. (2024, January 29). Bank syariah Dari BSI Hingga muamalat SIAP Geber Pembiayaan Rumah. Bisnis.com. https://finansial.bisnis.com/read/20240130/231/1736568/bank-syariah-dari-bsi-hingga-muamalat-siap-geber-pembiayaan-rumah
Hengki Wijaya | Head of department | bachelor of food science; ... (n.d.-a). https://www.researchgate.net/profile/Hengki-Wijaya
Idris, M. (2023, December 3). 10 indikator Pertumbuhan Ekonomi yang paling Banyak Digunakan Halaman all. KOMPAS.com. https://money.kompas.com/read/2023/12/03/134133326/10-indikator-pertumbuhan-ekonomi-yang-paling-banyak-digunakan?page=all
Komputer, U. S. & T. (n.d.). Analisis pasar: S1 Manajemen S.M. Analisis Pasar|S1 Manajemen S.M. https://manajemen-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Analisis-Pasar/f6883f232c47ccb9618a7d39f9fbf1be02039dd7
Kotler, P. (2009). Reflections and reactions II. virtual interview - after more than decade reconceptualizing marketing: An interview with Philip Kotler. Acta Mechanica Slovaca, 13(4), 6–13. https://doi.org/10.2478/v10147-010-0031-3
Kurnianti, A. W. (2018, February 15). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI PENGGERAK DESA WISATA KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH. View of Strategi Komunikasi pemasaran digital Sebagai Penggerak desa wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. https://www.jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/view/24/18
Manajemen komunikasi pemasaran “Teori Yang ... (n.d.-b). https://bahan-ajar.esaunggul.ac.id/mcm402/wp-content/uploads/sites/1472/2019/12/Manajemen-Komunikasi-Pemasaran-Pertemuan-2.pptx
Peran Lembaga Keuangan Bank Dan ... (n.d.-c). https://media.neliti.com/media/publications/4646-ID-peran-lembaga-keuangan-bank-dan-lembaga-keuangan-bukan-bank-dalam-memberikan-dis.pdf
Rachman, A., Arkoyah, S., Astuti, W., & Mandiri, D. P. (2022). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance. https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru
Re, R. (2023, September 24). Fungsi Dan Tujuan Perbankan di Indonesia. Fakultas Hukum. https://hukum.bunghatta.ac.id/index.php/informasi/artikel/357-fungsi-dan-tujuan-perbankan-di-indonesia
Sitinjak, L., & Kadu, A. U. (2016, September 2). Faktor internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi kesulitan belajar mahasiswa semester IV Akper Husada Karya jaya Tahun Akademik 2015/2016. JURNAL AKADEMI KEPERAWATAN HUSADA KARYA JAYA. https://ejurnal.husadakaryajaya.ac.id/index.php/JAKHKJ/article/view/33/0
Srisusilawati, P. (2017). Kajian komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian jasa perbankan. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.1993
Srisusilawati, P. (n.d.). Kajian komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian jasa perbankan. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/amwaluna/article/view/1993
Sulistyo, C. B. (2022, December 8). Peluang Dan Tantangan perbankan 2023. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/opini/2022/12/07/peluang-dan-tantangan-perbankan-2023
Uinjkt. (n.d.-d). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29804/1/RAJES%20SOLIHIN-FSH.pdf
DOI: https://doi.org/10.30596/ji.v8i2.19305
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0