Analisis Resepsi Followers Akun Instagram @MenjadiManusia Dalam Kesehatan Mental

Diva Amayia Sumarsono Putri

Abstract


Media merupakan sarana yang memfasilitasi berbagai narasi, yang dapat mempengaruhi persepsi dan respon audiens secara beragam. Dalam era media sosial, audiens memiliki peran penting dalam proses komunikasi, di mana setiap pesan yang disampaikan memiliki tujuan yang ditujukan kepada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana audiens menginterpretasikan pesan yang disampaikan oleh akun Instagram @MenjadiManusia. Fokus penelitian adalah pada proses pemaknaan yang dipengaruhi oleh latar belakang dan pengalaman individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yang merupakan pengikut akun @MenjadiManusia. Dalam penelitian ini, kesimpulan dapat ditarik dari tiga perspektif resepsi audiens: hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Pertama, pengikut @MenjadiManusia cenderung menerima pandangan yang disampaikan secara pasif, menganggap akun tersebut sebagai otoritas yang kredibel dalam isu kesehatan mental. Kedua, beberapa pengikut terlibat aktif dalam mengonsumsi dan menafsirkan konten, menciptakan hubungan personal dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Terakhir, sebagian pengikut menolak norma-norma yang diusulkan oleh akun tersebut, menyuarakan pandangan alternatif dan mencerminkan sikap kritis terhadap isu kesehatan mental.

Keywords


Resepsi; Mental;Instagram

References


Bekti, N. A., & Winduwati, S. (2023). AUDIENCE RECEPTION ANALYSIS OF THE MEANING OF BODY POSITIVITY IN @MICELLAHALIM’S INSTAGRAM STORY. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i1.25679

Claretta, D. (2022). Analisis Resepsi Mahasiswa Tentang Konten dalam Akun Tiktok @rizkyrn_. Jurnal Socia Logica, 1(2), 52–60.http://jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/view/147

FFandia, M., & Widihastuty, L. (2021). Covid-19 Information on Instagram: Reception Analysis towards Indonesian Youth Audiences. 2, 2021. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2021.002.02.

Fikatria, A. (2021). Resepsi Khalayak terhadap Unggahan Akun Instagram @ianhugen (Studi Kualitatif Deskriptif pada Pengikut Akun Instagram @ianhugen) (Skripsi). Universitas Telkom.

FHall, S. (1973). Encoding Decoding in Television Discourse. University of Birmingham: Center for Cultural Studies.

Hall, S., Hobson, D., Lowe, A., & Willis, P. (1980). Culture, Media, Language: Working Papers in Cultural Studies, 1972-79. United Kingdom: Taylor & Francis.

Shaw, A. (2017). Encoding and decoding affordances: Stuart Hall and interactive media technologies. Media, Culture and Society, 39(4),592–602. https://doi.org/10.1177/0163443717692741

Menjadi Manusia. (2022). Menjadi Manusia, Muara bagi Cerita-Cerita Hidup Manusia. Retrieved May 11, 2024, from menjadimanusia.id website: https://www.menjadimanusia.id/

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif [Edisi Revisi] (32nd ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pavić, Ž., & Šundalić, A. (2017). Science in Post-Truth Society: New Media and Social Perception of Science. Media, Culture and Public Relations, 8(1), 35–46.

Purwaningtyas, M. P. F., & Widihastuty, L. D. (2021). Covid-19 Information on Instagram: Reception Analysis towards Indonesian Youth Audiences. Tuturlogi, 2(2), 103–122. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2021.002.02.2

Rizaty, M. A. (2022, June 17). Bertambah Lagi, Ini Jumlah Pengguna Instagram per Kuartal I 2022. Retrieved May 11, 2024, from Databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/17/bertambah-lagi-ini-jumlah-pengguna-instagram-per-kuartal-i-2022

Rosmarin, D. H., & Koenig, H. G. (2020). Handbook of Spirituality, Religion, and Mental Health (2nd ed.). United States: Academic Press.

Jonte-Pace, Diane, and William B. Parsons, eds. Religion and Psychology: Mapping the Terrain. New York, 2001. A selection of essays summarizing recent dialogical trends, including the intersection of psychology, religion, and gender studies; the psychology-comparativist dialogue; the dialogue between theology and psychology; and psychology "as" religion.

Johnson, Anya & Dey, Shanta & Nguyen, Helena & Groth, Markus & Joyce, Sadhbh & Tan, Leona & Glozier, Nicholas & Harvey, Samuel. (2020). A review and agenda for examining how technology-driven changes at work will impact workplace mental health and employee well-being. Australian Journal of Management. 45. 031289622092229. 10.1177/0312896220922292.

Kahiking, E. C. (2022). Project Based Learning pada Literasi Sains Berbasis Budaya Lokal Bahari dengan Penggunaan Alat Wind Detection. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 177–198. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.428

vaingankar, J. A., Van Dam, R. M., Samari, E., Chang, S., Seow, E., Chua, Y. C., … Subramaniam, M. (2022). Social Media–Driven Routes to Positive Mental Health Among Youth: Qualitative Enquiry and Concept Mapping Study. JMIR Pediatrics and Parenting, 5(1), e32758.

Yanuar, F., & Ekayanthi, D. (2020). Analisis Teoritis Pesan Komunikasi Jerinx-Sid. Global Komunika, 1(2), 69–75.

Zaini, A. (2015). Shalat sebagai Terapi bagi Pengidap Gangguan Kecemasan dalam Perspektif Psikoterapi Islam. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 319–334.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.19362

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0