Reels Instagram @kedaii.asmara sebagai Media Promosi Guna Meningkatkan Kunjungan Pelanggan Generasi Z di Kedai Asmara

Klarina Amanda Gyardani, Muhammad Satrian Duva Dama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri bagaimana penggunaan Reels Instagram sebagai sarana promosi guna meningkatkan kunjungan pelanggan Generasi Z dengan mengambil contoh pada akun @kedaii.asmara. Metode penelitian yang diterapkan mencakup analisis konten yang diunggah dalam reels Instagram, serta menerapkan konsep teori SoMe oleh Regina Luttrell yang mencakup langkah-langkah Share, Optimize, Manage, dan Engage. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan pandangan positif terhadap akun Instagram Kedai Asmara dari sudut pandang para penonton reels. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dengan 2 orang informan, dan dokumentasi. Hasil ini didukung oleh analisis konten yang menunjukkan usaha untuk meningkatkan kualitas materi, mengoptimalkan strategi konten sesuai tren, manajemen media sosial yang terstruktur, dan interaksi yang berhasil dengan audiens Generasi Z. Penelitian ini memberikan perspektif baru dalam pemanfaatan Reels Instagram sebagai alat promosi yang efektif dalam menjangkau pasar Generasi Z, khususnya dalam konteks kedai makanan.


Keywords


Generasi Z, Kedai Asmara, Media Promosi, Reels

References


Admin@seo. (2023, December 19). Statistik Pengguna media Sosial Di Indonesia Tahun 2019-2023. Kapten SEO. https://kaptenseo.com/statistik-pengguna-media-sosial-di-indonesia-tahun-2019-2023/

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2023). Badan Pusat Statistik Kota Bandung. https://bandungkota.bps.go.id/indicator/12/85/1/penduduk-kota-bandung-berdasarkan-kelompok-umur.html

Download Instagram reels video - Inflact. (2023). Inflact by Ingramer – Marketing toolkit for Instagram. https://inflact.com/downloader/instagram/reels/

Firmansyah. (2023). ResearchGate | Find and share research. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf

Kompas Cyber Media. (2021). Cara Membuat Instagram reels, Sudah Bisa Di Indonesia. KOMPAS.com. https://tekno.kompas.com/read/2021/06/24/08010047/cara-membuat-instagram-reels-sudah-bisa-di-indonesia?page=all

Kedai Asmara • Instagram. (2023). Instagram. https://www.instagram.com/kedaii.asmara/

Komunikasi pemasaran sebagai strategi memperluas pasar. (2019, August 13). Universitas Esa Unggul. https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/

Pengguna media Sosial Di Jawa Barat. (2013). PoliticaWave. https://politicawave.wordpress.com/2013/02/06/pengguna-media-sosial-di-jawa-barat/

Perdana, A. (2022, March 18). Instagram reels: APA ITU, fitur-fitur, Manfaat, Dan tips Menggunakan. Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/instagram-reels-adalah/

Ramadhan, A. M. (2023, October 31). Paradigma Penelitian, Pengertian Menutut Ahli. Ebizmark Blog. https://ebizmark.id/artikel/paradigma-penelitian-pengertian-menutut-ahli/amp/

Shewale, R. (2023). 36 Instagram reels statistics in 2023 (Detailed insights). DemandSage. https://www.demandsage.com/instagram-reel-statistics/

What is Instagram reels and how to use it like a pro! (2023). SocialPilot. https://www.socialpilot.co/instagram-marketing/what-is-instagram-reels

Oktober 2010 Instagram Resmi Dirilis, Kini Jadi Salah Satu media Sosial Terpopuler Di Dunia. (2023, October 6). merdeka.com. https://www.merdeka.com/jatim/6-oktober-2010-instagram-resmi-dirilis-kini-jadi-salah-satu-media-sosial-terpopuler-di-dunia-32116-mvk.html




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v8i2.19511