Komunikasi Pemasaran melalui Storytelling Media Sosial Instagram Live Klinik Kopi Yogyakarta

Nabila Cahyani Putri, Maylanny Christin

Abstract


Dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat, fenomena coffee shop menjadi salah satu industri bisnis yang menuai banyak pesaing. Dengan berbagai teknik melalui adanya storytelling menjadi suatu  pendekatan  dalam  pemasaran.  Salah  satu  industri  bisnis  pada  bidang  coffee  shop  yang  menuai konsep storytelling yaitu Klinik Kopi. Hal ini dapat digunakan sebagai pemasaran digital dengan bantuan media sosial Instagram live yang menjadi tolak ukur guna mampu  membantu penjualan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bagaimana komunikasi pemasaran berbasis storytelling yang digunakan oleh  Klinik  Kopi  dalam  mengembangkan  bisnisnya  melalui  media  sosial  Instagram  live.  Penelitian  ini dilakukan  dengan  menggunakan  metode  kualitatif  di  mana  informasi  dikumpulkan  melalui  wawancara, observasi  dan  dokumentasi  kepada  informan  yang  dipilih.  Hasil  penelitian ini memaparkan  komunikasi pemasaran  yang  dilakukan  melalui  teknik  storytelling  menggunakan  media  Instagram  live  oleh  Klinik Kopi yang dikaitkan dengan teori yang digunakan.


Keywords


Storytelling, Instagram live, Komunikasi Pemasaran, Klinik Kopi



DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v8i2.19747