Motivasi Pengungkapan Diri Penggiat Pound Pada Akun Instagram @roccaspace Saat Berolahraga
Abstract
Pound sebagai olahraga yang berasal di Amerika Serikat ini mulai menjadi tren dan mudah ditemukan di Indonesia pada tahun 2021. Dinilai sebagai olahraga baru, Pound yang memiliki ciri khas olahraga dilengkapi dengan komponen ripstix ini mampu memikat antusiasme masyarakat. Terlebih pada kelas olahraga pound yang diadakan oleh Rocca Space. Sebagai komunitas olahraga yang menyediakan berbagai pilihan olahraga, Pound merupakan cabang olahraga yang paling banyak menghasilkan konten tersendiri. Meski bukan seorang professional namun konten tersebut terus menerus di produksi oleh para partisipan pound di Rocca Space. Hal ini menjadi fenomena menarik untuk melihat bagaimana olahraga pound mampu memotivasi seseorang untuk mengunggah aktivitas olahraganya di media sosial dengan menggunakan 5 aspek penggambaran self-disclosure theory. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan model snowball sampling. Serta dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Miles and Hubberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa telah terjadi pengungkapan diri dimana pada aspek ketepatan didominasi dengan reaksi positif, Motivasi para partisipan pound untuk membuat konten didasari atas tujuan yang ingin dicapai. Pemilihan waktu dapat menentuhkan keberhasilan pengungkapan diri. Tidak ada pengelompokkan audiens pada aspek keintensifan. Serta kedalaman dan keluasan topik yang diangkat pada saat pengungkapan diri berragam.
Kata Kunci: Self-Disclosure; Komunikasi Interpersonal; Pound; Instagram.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhani, A., & Anshori, A. (2018). Persuation of Teacher Communication in Preventing the Danger of Drug Abuse on High School Students. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 1(3), 153–159. https://doi.org/10.33258/birci.v1i3.39
Adhini, Z. A. (2023). 7 Manfaat Olahraga Pound Fit yang Seru dan Membakar Kalori. Hello Sehat. https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/4-manfaat-pound-fit/
Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi |, 2(2), 132–144.
APJII. (2023). Survei Penetrasi & Perilaku Internet 2023 (Vol. 1, Issue April). WWW.survei.apjii.or.id
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Fourth Edi). Pustaka Pelajar.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research (S. Z. Qudsy (ed.); Terjemahan). Pustaka Pelajar.
Devito, J. A. (2017). The Interpersonal Communication Book - Fiftheenth Edition (15th editi). Pearson Education. https://lccn.loc.gov/2017037905
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia (L. Saputra et, al. (ed.); Edisi Keli). Karisma Publishing Group. Interpersonal communication is the communication that takes place between people who %0Aare in some way “connected.” Interpersonal communication would thus include what takes %0Aplace between a son and his father, an employer and an employee, two sisters,
Farady, R., & Monica, D. (2019). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo ! ( Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger # WTFoodies ). Jurnal Komunikasi, 8(1), 68–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.50
Malin, S. A., Mayer, A., Crooks, J. L., McKenzie, L., Peel, J. L., & Adgate, J. L. (2019). Putting on partisan glasses: Political identity, quality of life, and oil and gas production in Colorado. Energy Policy, 129(January), 738–748. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2019.01.049
Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal: Disertai Contoh Fenomena Praktis (Witnasari & E. Nuraini (eds.); Edisi Pert). Kencana Publisher.
Records, G. W. (2022). Largest Pound Class. 25 September 2022. https://www.guinnessworldrecords.com/world-records/714396-largest-pound-® class
Rezi, M. (2018). Psikologi Komunikasi: Pembelajaran Konsep dan Terapan. Phoenix Publisher. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/148311/slug/psikologi-komunikasi-pembelajaran-konsep-dan-terapan.html
RoccaSpace. (2019). RoccaSpace. https://www.roccaspace.co.id/
Sagiyanto, A., Komunikasi, A., Sarana, B., Jakarta, I., & Ardiyanti, N. (2018). Self Disclosure melalui Media Sosial Instagram ( Studi Kasus pada Anggota Galeri Quote ). 2(1), 81–94. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak/article/view/687#:~:text=SELF DISCLOSURE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM %28Studi Kasus,Srinivas R. Melkote and Ahmad Sharif. %282016%29.
Sihombing, L. H., & Aninda, M. P. (2022). Phenomenology Of Using Instagram Close Friend Features For Self Disclosure Improvement. Professional, 9(1), 29–34. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v9i1.2282
Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.20389
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0