Strategi Komunikasi Persuasif Penyandang Disabilitas Tunagrahita dalam Kemampuan Berinteraksi Sosial

Zhafira Ulaya Amru

Abstract


ABSTRACT 

Communication is one of the important aspects to interact for humans in social life, both verbally and non-verbally. Communication is the process of conveying a statement by a person to another person, that communication involves a number of people, where a person states something to others. However, a different method is needed when interacting with people with disabilities. The Jenangan State Special School (SLB) is one of the schools in Ponorogo that caters to children with disabilities to pursue education and of course is also a place for students to improve their ability to interact socially. In this study, a qualitative descriptive research method is used. With in-depth interview data analysis techniques. SLB Negeri Jenangan uses four of Effendy's five persuasive communication methods, namely association techniques, integration, pay of ideas, iching device, red herring, of the five methods only four methods are applied by SLB Negeri Jenangan.

Keywords : communication strategy, disabilities, Ponorogo, persuasive communication, social interaction

 

ABSTRAK

Komunikasi merupakan salah satu aspek penting untuk berinteraksi bagi manusia dalam kehidupan bersosial baik secara verbal maupun non-verbal. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain, bahwa komunikasi melibatkan sejumlah orang, dimana seseorang menyatakan sesuatu kepada orang lain. Akan tetapi dibutuhkan metode yang berbeda bila berinteraksi dengan penyandang disabilitas tunagrahita. Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jenangan merupakan salah satu sekolah yang ada di Ponorogo yang membatu anak penyandang disabilitas tunagrahita untuk menempuh pendidikan dan tentunya juga menjadi tempat para siswanya untuk meningkatkan kemampuan untuk berinteraksi sosial. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik analisis data wawancara secara mendalam. SLB Negeri Jenangan menggunakan empat dari lima metode komunikasi persuasif milik Effendy, yakni teknik asosiasi, integrasi, pay of idea, iching device, red herring, dari kelima metode tersebut hanya empat metode yang diterapkan oleh SLB Negeri Jenangan.

Kata kunci : strategi komunikasi, tunagrahita, Ponorogo, komunikasi persuasif, interaksi sosial


References


Ardi, S., & Vionel, I. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PENYANDANG DISABILITAS TUNAGRAHITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL (SLB NUR RACHMAN LUBUK ALUNG). https://doi.org/10.31933/jselr.v1i2

Jonnedi, J., Ginting, R., & Hendra, Y. (2020). Strategi Komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.3617

Laily Zain Kepala SMK PGRI, N. (2017a). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Vol. 3, Issue 2).

Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi, J., Penelitian, J., & Komara, E. (n.d.). BUANA KOMUNIKASI KOMUNIKASI PERSUASIF DAKWAH DR. ZAKIR NAIK. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/buanakomunikasi

Siregar, N., & Sari Endah Nursyamsi, D. (n.d.). TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PENGURUS KABASA DALAM MENGAJAK ANAK JALANAN UNTUK BELAJAR. Universitas Persada Indonesia Y.A.I), 3, 303. https://bekasimedia.com




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.21542

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0