Menakar Faktor Penyebab Lenght Of Stay Wisatawan dari Perspektif Social Media
Abstract
Peningkatan jumlah wisatawan Sumenep pada tahun 2023 naik hingga 300% namun data menunjukkan lama tinggal wisatawan di sumenep tidak berkorelasi dengan jumlah wisatawan dan berdampak pada pemasukan asli daerah yang tidak optimal. Hal ini menjadi alasan menjadikan kajian penting tentang bagaimana suatu destinasi wisata dapat menciptakan daya tarik untuk tinggal lebih lama (length of stay). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh pilihan media dengan lama tinggal wisatawan gastronomi. menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui pendekatan regresi, dengan melakukan wawancara dan uji pengaruh melalui respondent yang ditentukan yakni, sejumlah 80 audiens yang menikmati kuliner Sumenep dan tertarik datang dengan promosi media. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa R² adalah 0.557, yang berarti bahwa 55.7% variansi dalam length of stay dijelaskan oleh variabel Pilihan Media. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa R² adalah 0.650, yang berarti 65% variansi dijelaskan oleh kombinasi variabel media digital.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aribowo, H., Wirapraja, A., & Putra, Y. D. (2018). Implementasi Kolaborasi Model Pentahelix dalam Rangka Mengembangkan Potensi Pariwisata di Jawa Timur Serta Meningkatkan Perekonomian Domestik. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 3(1).
Baú, V. (2016). Waving the flag for development communication: Why there is still hope for communication research. International Communication Gazette, 78(7), 711–715. https://doi.org/10.1177/1748048516655733
Chataway, J., & Smith, J. (2007). Participation, communication and innovation: Thinking about the international AIDS vaccine initiative. IDS Bulletin, 38(5), 74–82. https://doi.org/10.1111/j.1759-5436.2005.tb00410.x
Dolan, R., Conduit, J., Fahy, J., & Goodman, S. (2016). Social media engagement behaviour: a uses and gratifications perspective. Journal of Strategic Marketing, 24(3–4), 261–277.
Erliyaton, N., Pranjoto, R. G. H., & Samsuki. (2023). Pengaruh Jumlah Wisatawan dan Jumlah Obyek Wisata terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sumenep Tahun 2015-2022. Bisman, 6(November), 623–636.
Ezumah, B. A. (2013). College students’ use of social media: Site preferences, uses and gratifications theory revisited. International Journal of Business and Social Science, 4(5), 27–34.
Friani, N. M., Damayanti, S. P., & ... (2021). PERAN WELLNESS TOURISM TERHADAP LAMA TINGGAL WISATAWAN DI OBEROI HOTEL LOMBOK. … Of Responsible Tourism. https://stp-mataram.e-journal.id/JRT/article/view/995
Gan, C., & Wang, W. (2015). Uses and gratifications of social media: a comparison of microblog and WeChat. Journal of Systems and Information Technology, 17(4), 351–363.
Hosseini, S. M., Paydar, M. M., & ... (2021). Recovery solutions for ecotourism centers during the Covid-19 pandemic: Utilizing Fuzzy DEMATEL and Fuzzy VIKOR methods. Expert Systems with …. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0957417421009945
Hsu, M.-H., Chang, C.-M., Lin, H.-C., & Lin, Y.-W. (2015). Determinants of continued use of social media: the perspectives of uses and gratifications theory and perceived interactivity.
Masduki, A. (2023). Prestasi Membanggakan di Tahun 2022, Kunjungan Wisatawan di Sumenep Naik 300 Persen. Inews Surabaya, 1S. https://surabaya.inews.id/read/312475/prestasi-membanggakan-di-tahun-2022-kunjungan-wisatawan-di-sumenep-naik-300-persen
Prodjo, W. A. (2017). 10 Destinasi “Bali Baru”, 4 Destinasi Jadi Prioritas. Kompas. Com. Retrieved March, 23, 2019.
Qin, Y. S. (2020). Fostering brand–consumer interactions in social media: the role of social media uses and gratifications. Journal of Research in Interactive Marketing, 14(3), 337–354.
Ridwan. (2017). Perilaku Wisatawan. Wade.
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369.
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i2.22309
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0
.png)

