Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Muhammadiyah untuk Meningkatkan Minat Pengunjung melalui Instagram
Abstract
Yogyakarta memiliki berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam, religi, sejarah, pendidikan, hingga budaya. Di antara daya tarik tersebut, museum menjadi salah satu destinasi yang digemari oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Museum Muhammadiyah dalam meningkatkan minat pengunjung melalui media sosial Instagram. Instagram dipilih sebagai platform utama karena kemampuannya memfasilitasi promosi dan pemasaran aktivitas museum secara efektif melalui konten visual yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengandalkan data primer dan sekunder. Kerangka teori yang digunakan adalah The Circular of Social Media (SOME), yang mencakup empat tahapan: Share, Optimize, Manage, dan Engage. Hasil analisis menunjukkan bahwa Museum Muhammadiyah telah menerapkan keempat tahap tersebut melalui strategi kontennya, yaitu berbagi informasi edukatif dan promosi (share), optimalisasi pesan dengan visual menarik (optimize), pengelolaan akun secara konsisten (manage), serta interaksi aktif dengan audiens (engage). Temuan dari wawancara mendalam menegaskan bahwa integrasi elemen-elemen SOME secara konsisten telah berhasil meningkatkan daya tarik museum di mata pengunjung potensial. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model SOME dalam strategi komunikasi pemasaran media sosial efektif dalam meningkatkan minat kunjungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi institusi lain untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran dalam mencapai tujuan promosi dan peningkatan daya tarik institusi.
Kata kunci : Instagram, Komunikasi Pemasaran, Museum Muhammadiyah, Pengunjung
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 10(1). https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42
Afifah, M. N., & Drajat, M. S. (2022). Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Cicalengka Dreamland. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.4461
Ahmad. (2021). 10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia. Gramedia Blog.
Amboro Alfianto, M., Rihhadatul, A., Nur Syafiqah, I., Afrah Saputro, M., & Umar El Farouq, Z. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Memperkuat Brand Awareness Pekan Raya Jakarta (PRJ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Andeska, N., Setiawan, I., & Wirandi, R. (2019). Inventarisasi Ragam Hias pada Iluminasi Mushaf Al-Quran Kuno Koleksi Pedir Museum di Banda Aceh. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2). https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.15134
Ariyani, P. M. (2023). Efektivitas Promosi Museum Benteng Vredeburg Melalui Media Sosial Instagram @museum.benteng.vredeburg dengan Analisis Model ATR. Jurnal Pariwisata Indonesia, 19(1). https://doi.org/10.53691/jpi.v19i1.309
Ayustien, A. R. (2022). Strategi Bauran Promosi Erstor3prt dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(3). https://doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.8670
Br Sibuea, A. M. E., & Kando, L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Mempertahankan Tingkat Loyalitas Pelanggan pada Toko Marmel Florist Medan. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, 10(1). https://doi.org/10.46930/global.v10i1.1779
Dilmi, D. (2014). Islamic Arts Museum, Malaysia: Educational Tool for Reviving Architectural Heritage. Journal of Islamic Architecture, 2(4). https://doi.org/10.18860/jia.v2i4.2466
Dwi, F., Sakti, B., Umar, R., Informatika, M. T., Dahlan, U. A., Studi, P., Elektro, T., & Dahlan, U. A. (2020). Visualisasi Museum Muhammadiyah Menggunakan Teknologi the Visualisation of Museum Muhammadiyah With Virtual Reality. 3(1), 51–55. https://doi.org/10.33387/jiko
Farid, M., & Farhah, E. (2021). Pemanfaatan Algoritma Instagram dalam Meningkatkan Promosi ODTW Budaya (Studi Kasus di @KampungbudayaPijiWetan). Cakra Wisata, 22(2).
Kausar, W. Al. (2018). Respon Masyarakat Kota Malang City Branding “Beautiful Malang.” UMM Institutional Repository, 58(12).
Keller, K. (2018). Management Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Luttrell, R. (2018). Social media: How to engage, share, and connect. Rowman & Littlefield.
Muhammad, A. M. (2021). Jenis Penyajian Data dan Triangulasi Sumber Data Kualitatif. Universitas Gadjah Mada, August.
Nurfajrina, N., & Aprilia, C. (2022). Investigasi Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengunjung Museum Tsunami Aceh. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1). https://doi.org/10.14710/jab.v11i1.36639
Qadri, M. A. Al. (2023). Analisis Pengelolaan Instagram dalam Penyebaran Informasi Menggunakan Teori The Circular Model SOME. Al-DYAS, 2(3). https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i3.1495
Ramadhani, C., & Sudaryanto, E. (2022). Strategi Komunikasi Humas Melalui Instagram Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Jurnal Penelitian Komunikasi, 02(03).
Salsabila, G. M., & Fardiah, D. (2023). Strategi Penyebaran Informasi pada Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Bandung. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.8307
Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & ... (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan …, 7.
Suhailah, E., & Hartatik, H. (2023). Pembuatan Sistem Rekomendasi Pariwisata Yogyakarta Menggunakan Triangle Multiplaying Jaccard. Journal Automation Computer Information System, 3(2). https://doi.org/10.47134/jacis.v3i2.62
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Valiant, V. (2020). Pengelolaan Konten Tiktok sebagai Media Informasi ( Studi Deskriptif kualitatif mengenai pengelolaan konten tiktok pada akun @ iben _ ma ). Jurnal Ilmu Komunikasi, September.
Wicaksono, P. N. I., & Al-Afghoni, M. M. (2022). Perancangan Museum Budaya Kabupaten Bojonegoro Menggunakan Pendekatan Extending Tradition. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 2(1). https://doi.org/10.52166/dearsip.v2i1.3355
Yuwono, A. A., Murti, B. D., Nuraeni, A., Saptaningsih, N., Rusjayanti, A., & Hapsari, P. W. (2022). Peningkatan Kompetensi SDM Museum Keris Nusantara (MKN) dalam Pembuatan Konten Narasi Digital Benda Koleksi Museum. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6416
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.22382
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0