Analisis Isi Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Personal Branding pada akun @ananzaaprili

kholilah Kholilah, Iva Fikrani Deslia

Abstract


Kemajuan Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada era modern melahirkan media baru (new media) yang mampu memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam berbagai aspek kehidupan. New media adalah perpindahan dari teknologi tradisonal menuju ke moderen dan  membawa perubahan terhdap komunikasi pada manusia.salah satu new media yang sering di gunakan sekarang adalah Instragram. Instagram adalah aplikasi pembagian foto dan video yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, memodifikasi, dan mengunggah konten melalui aplikasi tersebut Penelitian ini mengkaji strategi personal branding yang diterapkan oleh Ananza Aprili, seorang content creator dan influencer yang dikenal karena kehadirannya yang signifikan di media sosial.Ananza prili berhasil membangun personal branding yang kuat di kalangan generasi muda dalam hal kontenks tren kecantikan,fashion, Kesehatan mental dan juga gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi media sosial Instagram Ananza dalam membangun citra diri, serta bagaimana ia memanfaatkan narasi pribadi, visual, dan multimedia untuk memperkuat identitas online-nya. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data deskriptif seperti lisan, teks tertulis, dan perilaku yang dapat diamati. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan teoritis tentang dinamika media sosial, interaksi online, dan manfaat praktis bagi Ananza serta masyarakat, terutama dalam membangun personal branding yang efektif dan meningkatkan nilai diri..


References


Arsyad, M., Supiyah, R., & Studi Sosiologi FISIP Universitas Halu Oleo, P. (n.d.). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo).

Adnani, K. (2021). Metodo Penelitian Komunikasi. Sukaharjo.

Allya Ega Annisa hutauruk, A. p. (2024). Strategi Personal Branding melalui Pemasaran Online di Era Globalisasi. Jurnal Bisnis Inovatif dan Digital, 52-59.

Christina Susanti1, S. P. (2024). Pembentukan Digital Personal Branding di Media Sosial Akun Instagram @Chiquitalimer. Prologia, 42 - 49.

Franzia, E. (2018). PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL. Seminar Nasional Pakar, 15-20.

Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah Di Dunia Politik. Gramedia Pustaka Utama.

Muhammad Fajar Wahab, & Ike Junita Triwardhani. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Coffee Shop. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 126–129. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.554

Raharjo, F. S. (2020). The Master Book of Personal Branding: Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara. Quadrant.

Restusari, F. N., & Farida, N. (2019). INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PERSONAL BRANDING DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI (STUDI PADA AKUN BARA PATTIRADJAWANE). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 176–186. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2340

Septiana Yustika Widyaningrum1, D. W. (2023). STRATEGI PERSONAL BRANDING PENARI LENGGER LANANG MELALUI MEDIA INSTRAGRAM PADA AKUN INSTRAGRAM @RIANTO_RDS. Jurnal Panggung, 411-428.




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.22400

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0