Strategi Marketing Public Relations SMKS Kristen 2 Magelang dalam Meningkatkan Jumlah Murid Baru
Abstract
Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak yang signifikan bagi sistem pendidikan saat ini. Ketika masyarakat memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang sekolah menengah atas, maka mereka akan dihadapkan pada berbagai pilihan. Fenomena yang terjadi di Magelang, terdapat 3 SMK Negeri dan 17 SMK Swasta. Timpangnya jumlah SMA Negeri dan Swasta menyebabkan ketatnya persaingan dalam mendapatkan calon siswa khususnya SMA Swasta di Magelang. Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kristen 2 Magelang adalah salahsatu dari 17 Sekolah Menengah Kejuruan swasta yang ada di magelang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing public relations Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kristen 2 Magelang dalam meningkatkan jumlah murid baru. Penerapan The Whalen 7 Steps Strategic pada penelitian ini berkaitan dengan strategi marketing public relations dalam mencapai keberhasilan yang di antaranya adalah tinjauan situasi, objektif, strategi, target, pesan, taktik, dan evaluasi. Dalam penelitian ini metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mnedalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi marketing public relations yang di lakukan belum memenuhi target yang telah di tetapkan dan sekolah belum memiliki tim khusus untuk marketing di karenakan hampir setiap taun pengajar selalu berganti hal itu menjadikan sekolah merasa kesusahan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Communication, M. (2023). The Marketing Public Relation Strategy For Technology Electronics products The case study of Samsung Mobile Experience MX product Miss Thananporn Dittapunya ( Media Studies ) International Program.
Destanti, F., Uljanatunnisa, U., & Handayani, L. (2021). Analisis The Whalen Seven Steps Strategic Divisi Komunikasi dan Marketing Jakarta Smart City pada Aplikasi Jakarta Kini. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(2), 84. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4406
Elita Tarihoran, J., Ika Mardiani, M., Dwi Putri, N., Sari Novareila, R., Sofia, A., & Farida Adi prawira, I. (2021). Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up Di Indonesia. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 72. https://doi.org/10.32493/jk.v9i1.y2021.p72-78
Faujiah, S., Syaifudin, M., & Andriani, T. (2023). Implementasi Manajemen Strategi dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(3), 641–650. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i3.1400
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Strategi Promosi, 1(April), 1–10.
KHADIJAH, A., Dhamara, W., & Wijaya, H. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Mawar Di Umkm Citra Dengan Metode Swot Dan Qspm. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 6(2), 60–73. https://doi.org/10.47080/intent.v6i2.3084
Kusumaningsih, R. (2023). Rila Kusumaningsih. 2(1), 9–22.
Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Hasanah, U., & Nurmalasari, N. (2024). Evaluasi Mutu Pendidikan Menggunakan Pendekatan Teori Stufflebeam. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.352
Perwita, D., & Widuri, R. (2023). Telaah pendidikan: preferensi orang tua memilih sekolah swasta daripada sekolah negeri. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(1), 64. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14779
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Syafitri, W. (2019). Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 158–166. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2804
SYAHPUTRI, D. P. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Siswa Baru Di Sman 15 Pekanbaru. 3, 5332–5345. http://repository.uin-suska.ac.id/77731/
Yahya, M., Otomotif, P. T., & Elektro, W. T. (2023). Prosiding Seminar Nasional Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, 190–199. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i1.22403
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0