Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital terhadap Niat Kunjungan Ulang Konsumen: Studi pada Kedai Sedjiwa Sidoarjo

Nabila Zulfiniar Putri, Hilda Yunita Wono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran digital terhadap niat kunjungan ulang konsumen di Kedai Sedjiwa, sebuah tempat kuliner dengan konsep pecinan pertama di Sidoarjo. Selama ini, strategi digital marketing yang dijalankan cenderung lebih efektif menarik pelanggan baru dibanding mempertahankan pelanggan lama. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi pemasaran digital, penting untuk memahami bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku konsumen, khususnya dalam membangun loyalitas dan meningkatkan retensi melalui kunjungan ulang. Penelitian ini memfokuskan perhatian pada elemen-elemen utama dalam komunikasi pemasaran digital, seperti keterlibatan di media sosial, peran Key Opinion Leader (KOL), serta pemanfaatan iklan tertarget seperti Instagram Ads. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi baik dari sisi akademis maupun praktis, dengan memberikan wawasan menyeluruh terkait keterlibatan konsumen di ranah digital yang berdampak pada pertumbuhan bisnis dan kembalinya pelanggan lama. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 101 pelanggan Kedai Sedjiwa, menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing Kedai Sedjiwa berpengaruh signifikan terhadap niat kunjungan ulang, dibuktikan melalui koefisien regresi sebesar 1.059 dan p-value < 0.001. Nilai korelasi (R) sebesar 0.639 menunjukkan hubungan yang cukup kuat, sedangkan nilai determinasi (R²) sebesar 0.408 menunjukkan bahwa hampir 41% variasi dalam niat kunjungan ulang dapat dijelaskan oleh variabel pemasaran digital. Temuan ini menegaskan bahwa pemasaran digital berperan penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk kembali berkunjung.


References


Andari, R., Yuniawati, Y., & P, N. U. (2020). Pengaruh Destination Personality Terhadap Revisit Intention. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 165–180. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.429

Andy, P. :, Wati, P., Martha, J. A., Indrawati, A., Artha, N., Layout, F., & Wildan Fajar, : M. (n.d.). Digital Marketing.

Angelia, D. (2022, June 22). Usaha Kuliner di Indonesia dalam Bingkai Statistik. Good Stats.

Ayesha, I., Amaliyah, Pratama, I., Hasan, S., & Effendi, N. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). www.globaleksekutifteknologi.co.id

Desrizal, Iva Mas Uva, Eva Ariati, & Endah Fantini. (2023). Digital Marketing and Marketing Communication Strategy at Ciwaringin Cirebon Batik Umkm as a Challenge in Technological Development. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(6), 1055–1068. https://doi.org/10.55927/modern.v2i6.6475

Diana, Z. (2023, April 8). Kedai Sedjiwa: Kedai ala Pecinan Pertama di Sidoarjo, No Pork No Lard. Jatimhariini.Co.Id.

Johanes, F., Porajou, M., Dotulong, L. O. H., & Ogi, I. W. J. (2024). Pengaruh Social Media, Cafe Atmosphere, Dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Pada Lepoet Coffee House Ratahan. Indonesian Journal of Economics, 1(5).

Juilda, S., Novia Nasution, Y., & Purnamasari, D. I. (2016). Confirmatory Factor Analysis Application in Decision Making Students in Choosing a study program at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Mulawarman University. Jurnal EKSPONENSIAL, 7(2).

Lailiyah, & Hartono. (2023). KOL Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital di Era Sosial 5.0. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3). https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.576

Noorca. (2023, July 31). 5 Kedai Kopitiam di Sidoarjo Nyaman Buat Nongkrong. https://jatim.idntimes.com/food/diet/dhafintya-noorca-achni-1/kedai-kopitiam-di-sidoarjo-nyaman-buat-nongkrong-c1c2

Poluan, J. G., Mandey, S. L., Dicky, J., & Massie, D. (2022). Analisis Digital Marketing terhadap Revisit Intention pada Objek Wisata di Kota Tomohon Sulawesi Utara.

Pujiastuti, Suratna, Hapsari, Meylinda, & Widowati. (2024). Faktor-faktor yang Memengaruhi Revisit Intention. Business UHO : Jurnal Administrasi Bisnis, 9.

Riyanto, A. (2024, April 21). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan Reliabilitas terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sugiyono. (2017a). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta .

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Peneltian. PUSTAKABARUPRESS.

Tresnawati, Y., Prasetyo, K., Mercu, U., & Jakarta, B. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. 1(1), 43–57.

Widarti, P. (2023, April 7). Bisnis F&B Surabaya Makin Bergairah, Omset Rata-rata Capai 90%. Surabaya.Bisnis.Com.

Wulanjani, & Derriawan. (2017). Dampak Utilitarian Value dan Experiental Marketing terhadap Customer Satisfaction dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT, 2, 121–130.

Yanto Rukmana, A. (2023). Social Media Marketing. https://www.researchgate.net/publication/373718892

Messakh, R. O., Wono, H. Y., & Hermawan, J. N. (2024). Consumer Preferences for Integrated Marketing Communication Expert28 Cafe Kediri. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.38142/ijesss.v5i4.1027

Wono, H. Y., & Aji, I. D. K. (2020). Preferensi Komunikasi Pemasaran Terpadu Perguruan Tinggi di Surabaya pada Era Posmoderen. https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6903




DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v9i2.24393

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0