Model Komunikasi: Literasi Informasi trending topic untuk Generasi Z
Abstract
Penelitian ini melakukan identifikasi pola komunikasi untuk edukasi literasi informasi dengan harapan akan menghasilkan model komunikasi yang tepat guna. Khususnya untuk informasi yang menarik perhatian dan penting bagi orang banyak, sehingga menjadi trending topic, dalam hal ini yaitu virus COVID19. Objek penelitian ini adalah Generasi Z, pemuda dengan rentang tahun kelahiran 1995-2005. Sebagai generasi yang terlahir dengan keberadaan internet, atau digital native, Generasi Z berperan dalam penyebaran informasi yang benar. Untuk itu, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan partisipan yang dipilih secara purposive sampling, yaitu siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian Generasi Z melakukan upaya cek ulang informasi yang didapat baik secara aktif maupun pasif. Cek ulang dilakukan dengan mencari informasi serupa di situs lainnya yang dianggap terpercaya, juga menanyakan kepada orang tua, teman dekat, atau pemberi informasi (jika memungkinkan respon balik). Media yang lebih sering digunakan untuk akses informasi adalah media sosial (instagram, youtube, whatsapp grup), mesin pencari (google), dan portal berita. Namun, karena belum semua melakukan cek informasi dan adanya kemungkinan bahwa informasi yang popular atau trending topic yang secara massif tersebar seringkali dianggap benar maka pesan pengingat tentang literasi informasi perlu terus disampaikan. Untuk dapat menyampaikan pesan edukasi terkait literasi informasi terhadap Generasi Z, Model Komunikasi harus memperhatikan bentuk, kemudahan akses, dan evaluasi.
Full Text:
PDFReferences
Harahap, M. H., Faisal, F., Hasibuan, N. I., Nugrahaningsih, R. H. D., & Azis, A. C. K. (2017). Pengembangan Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 5(2), 115-128.
Joyner Library. (2017). Information Literacy Concepts: An Open Educational Resource. Retrieved from http://libguides.ecu.edu/c.php?g=17392&p=5113280
Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Baru Net. Tv Utilization Of New Media Strategy Of NET. TV. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23 (1), 21 - 36.
Rogers, E. M., & Storey J. D. 1987. Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.), Handbook of Communication Science, New Burry Park; Sage.
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200224180950-255-477609/studi-virus-corona-tak-berasal-dari-pasar-seafood-wuhan, diakses 11 Maret 2020
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200207132355-4-136125/corona-dan-ketakutan-berlebihan-pada-china, diakses 11 Maret 2020
https://www.kompas.com/global/read/2020/03/02/125038370/indonesia-umumkan-kasus-pertama-virus-corona-begini-pemberitaan-media?page=all, diakses 11 Maret 2020
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/q-a-coronaviruses, diakses 25 Agustus 2020
DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5213
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi © 2024 by Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under CC BY-SA 4.0