Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif

Mega Kusuma Listyotami

Abstract


Abstract. The purpose of the study was to determine the effect of online learning on the reflective thinking ability of STIE Dwi Sakti Baturaja Management students in the economics mathematics course. The method used is the research method used in this study is a pre-experimental research design with One Group Pretest-Posttest Design. The sample of this study amounted to 60 students. The data collection technique used a test technique which was divided into pretest and posttest. The data processing technique used a t-test calculation with the SPSS 20 program. The results showed that there was an effect of online learning on students' reflective thinking abilities. The mean score on the initial test was 42.15, an increase of 14.02 to 56.17 on the final test. The t-test results show that tcount is 8.843 and ttable (df 62 = 1.669). The value of tcount (8.843) > ttable (1.669). The results show that Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be said that online learning has an influence on the reflective thinking ability of Management students in economics mathematics courses.

Abstrak. Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya pengaruh pembelajaran online terhadap kemampuan berpikir reflektif mahasiswa Manajemen STIE Dwi Sakti Baturaja pada mata kuliah matematika ekonomi. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dibagi menjadi pretest dan postest. Teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap kemampuan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa. Nilai rata-rata tes awal adalah 56,17 menurun 14,02 menjadi 42,15 pada tes akhir. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,843 dan ttabel (df 62 = 1,669). Nilai thitung (8,843) > ttabel (1,669). Hasil menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran online memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif mahasiswa Manajemen pada mata kuliahmatematika ekonomi


Keywords


Pembelajaran Online, Kemampuan Berpikir Reflektif

Full Text:

PDF

References


Annur, Muhammad Firman, and Hermansyah. 2020. Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 11(2): 195201.

Batubara, IH. 2020. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma 1(1): 2428. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015.

Batubara, Ismail Hanif et al. 2022. Analysis of Student s Mathematical Communication Skills through Problem Based Learning Models Assisted by Augmented Reality. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 5(1): 102437.

Batubara, Ismail Hanif, Kholidah Nur, Ali Topan Lubis, and Nanang Arianto. 2021. The Effectiveness of Learning Using Social Media during the Covid 19 Pandemic in Higher Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4(2): 217783.

Harahap, T H, and M D Nasution. 2021. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education 2(1): 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746.

Hutauruk, Agusmanto, and Ropinus Sidabutar. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied 02(01): 4551.

Kurtarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature 1(2): 20720.

Listyotami, Mega Kusuma. 2021. Analisis Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 181924.

Mustakim, Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education 2(1): 1.

Rambe, Tona Mardiyah, Febri Ananda, and Ismail Hanif Batubara. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 3(1): 3443.

Surati, S. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 2(1): 16. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6745.

Ulfa, M, and S Panggabean. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Crh (Course Review Horay) Dalam Meningkatkan Aktivitas Kemampuan Belajar . Journal Mathematics Education Sigma : 7883. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/5192.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i2.10943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.