ANALISIS PERAN DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN DAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SD NEGERI 101805 BATU REJO

Rini Ramadhani, Rizka Fahruza Siregar

Abstract


Program Mengajar Kampus Batch 4 merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka yang melibatkan mahasiswa  dari berbagai latar belakang pendidikan di masing-masing kampus untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah terutama sarana dan prasarana yang terus tertinggal, infrastruktur, Guru, keterbatasan akses dan sebagainya, khususnya daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) di tingkat sekolah dasar dan menengah, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dan maju melalui kegiatan di luar kelas. Program kampus mengajar akan berlangsung selama 4 bulan dari tanggal 2 Agustus sampai dengan 2 Desember 2022. Pelaksanaan program kampus mengajar berfokus pada literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan dukungan administrasi sekolah untuk memastikan pendidikan tetap berjalan dan berkembang , apalagi mengingat dampak pandemi yang lalu.Ini adalah salah satu pedoman dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Belajar mandiri adalah suatu proses dimana potensi terbesar yang diwujudkan oleh guru dan siswa untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas belajar mandiri. Menghadirkan siswa sebagai bagian dari penguatan  literasi dan pembelajaran matematika serta  mitra guru dalam mengimplementasikan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu sekolah binaan yang  fokus pada peningkatan mutu pendidikan adalah SD Negeri 101805 Batu Rejo.


Keywords


Kampus Mengajar; Kualitas Pendidikan; Kampus Merdeka

Full Text:

PDF

References


Ades, Sanjaya. (2017). Model-model Pembelajaran Bumi Aksara. Jakarta.

Amedi, A. M. (2018). Analisis Politik Hukum Pendidikan Dasar di Indonesia Demi Menyongsong Era Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Padjadjaran Law Review, Query date: 2022-11-27 17:47:21. http://jurnal.fh.unpad.ac.id/index.php/plr/article/view/389.

Makarim, Nadiem. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Patimah, P., & Suprihadi, D. (2021). Teknologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31980/tp.v6i2.2083.

Tung, Khoe Yao. 2002. Simphoni Sedih Pendidikan Nasional. Jakarta : Abdi Tandur.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.