ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATA PELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA

Sri Wahyuni

Abstract


Proses pembelajaran memerlukan evaluasi agar dapat menentukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Seorang guru dalam melakukan evaluasi dapat mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa melalui identifikasi kesalahan jawaban siswa, tidak hanya dilihat dari penulisan jawaban akhir tetapi juga perlu mengetahui jenis kesalahannya agar siswa tidak mengulang kesalahan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas XI di SMA Islam Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan masalah  transformasi geometri, (2) menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab  kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam  penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Medan. Teknik  pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis  data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan  soal transformasi geometri meliputi kesulitan memahami masalah transformasi geometri yaitu kesulitan menyelesaikan masalah matematika antara matematika dengan matematika, antara matematika dengan bidang ilmu lain, dan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Faktor penyebabnya adalah siswa belum memahami konsep dan belum mampu memaknai kalimat yang disajikan dengan baik, belum mampu memahami isi dari soal yang diberikan, belum menguasai konsep penggunaan transformasi geometri yang berkaitan matematika dengan matematika itu sendiri, matematika dengan bidang ilmu lainnya, sedangkan untuk matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah lebih baik.

Keywords


Analisis Kesulitan; Transformasi Geometri; Koneksi Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Aksioma, 4(2), 42–52.

Permendikbud. (2014). Lampiran Permendikbud no 103 Tahun 2014: Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah (Issue 1, p. 139).

Trapsilasiwi, D., Setiawani, S., & Ummah, I. K. (2016). Analisis Kesalahan Pengolahan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran. Jurnal Pancaran Pendidikan, 5(4), 159–168. https://jurnal.unej.ac.id/index.php

Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 246–257.

Wahyuni, S., Panggabean, E. M., & Haryati, F. (2022). The Effectiveness of Mathematics Learning in HOTS-Based Student Mathematics Learning Planning. Budapest International Research …, 14875–14884. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/5364

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNPMP I] Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 377–384.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.