Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung
Abstract
Abstract. This research is a research on the development of Student Worksheets (LKPD) based on Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) on the subject of curved side spaces. This study aims to 1) describe the product quality of the Student Worksheet (LKPD) based on Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) on the subject of curved side space. 2) describe the results of the development of Student Worksheets (LKPD) based on Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) on the subject of curved side space development. In this study, researchers used research and development procedures according to Sugiyono which have been modified. The subjects of this study were students of class IX SMP Amayatul Huda Kec. Medan, Deli Kel. Labuhan Deli. The object of this research is the Student Worksheet (LKPD) which was developed by the researcher. The data collection technique used is the result of validation and the results of interviews related to student responses regarding the use of the Student Worksheet (LKPD) product. The development procedure in this research includes: (1) Potential and problems; (2) Data collection; (3) Product design; (4) Design validation; (5) Design revision; (6) Product trial. The results of the product validation of the Student Worksheet (LKPD) developed by the researcher were 3.9 and 4.2 and included in the good category. The Student Worksheet (LKPD) developed by the researcher received a positive response from the class IX students of Amayatul Huda Middle School.
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk 1)mendeskripsikan kualitas produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. 2) mendesripsikan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pokok bahasan bangan ruang sisi lengkung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut sugiyono yang telah dimodifikasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Amayatul Huda Kec. Medan, Deli Kel. Labuhan Deli. Objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan oleh peneliti. Teknk pengumpulan data yang digunakan adalah hasil validasidan hasil wawancara terkait tanggapan siswa mengenai penggunaan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi : (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validsi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk. Hasil validasi produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan oleh peneliti adalah 3,9 dan 4,2 dan termasuk dalam kategori baik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan peneliti mendapat respon positif dari peserta didik kelas IX SMP Amayatul Huda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Batubara, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software GeoGebra. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 2428. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015
Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 4353. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077
Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Novita, A., Lubis, B. S., Febri, E., Siregar, S., Keguruan, F., Universitas, P., Sumatera, M., Ilmu, F., Informasi, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2 Software Geogebra tersebut akan menjadikan pembelajaran matematika Media ICT yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Software Geogebra yakni software m. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854859.
Bhaghi, Petrus Meo (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII D SMP Bopkri I Yogyakarta. Skripsi Strata satu. Universitas Santa Darma
Invany Idris, Desri Kristina Silalahi (2016) pendekatan pendidikan Matematika Realitik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Pada Kelas VII A SMP UTY. Jurnal
Isandhyta, Elisabeth (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis PMRI Berbantuan Geogebra Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Untuk Siswa Kelas XI Program IPA. Skripsi Strata satu. Universitas Sriwijaya
Jonny Simanulung (2014) pengembangan bahan ajarmateri himpunan konteks lascar pelangi dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) kelas VII SMP. Jurnal
Nasution, M. D., Oktaviani, W., Muhammadiyah, U., Utara, S., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 3. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4390
Oktaviani, Wita (2019) Pengembangan Oerangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuasn Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Kelambir V T.P 2019/2021. Skripsi Strata Satu. Universitas MUhammadiyah Sumatera Utara
Purtini, Yuanita Dwi (2018) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis PMRI Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi datar Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.Skripsi Strata Satu. Universitas Sriwijaya
Tia, Syafitri (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Mteri Pokok System Persamaan Linear Dua Variabeluntuk Siswa/I Mts Negeri 3 Medan T.P 2020/2021. Skripsi Strata Satu. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Ulfa, M., & Panggabean, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Crh (Course Review Horay) Dalam Meningkatkan Aktivitas Kemampuan Belajar. Journal Mathematics Education Sigma , 7883. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/5192
Zulkardi, Fanny Khairul Putri Apertha, dan Muhammad Yusup (2018) Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.