EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KLAUSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Teknik Permainan Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Klausa Siswa Kelas XI Siswa Negeri 14 Medan Tahun Pembelajara 2010/2011.
Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 274 orang. Pemilihan sampel dalam dilakukan dalam dengan menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu menentukan kelas dilakukan dengan menggunakan pengundian yaitu memilih dua kelas dari 7 kelas paralel yang ada. Didapatkan kelas XII IPA2 dan XI IPA3. Masing-masing sampel terdiri dari 40 orang untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA2 dan 40 orang untuk kelas control yaitu XI IPA3. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah essay tes.
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata (mean) post test pada kelas eksperimen (X) = 74,75 standar deviasi = 9,04, dan termasuk kategori sangat baik 22,5%, kategori baik 57,5%, kategor cukup 20%, kategori kurang 0. Sedangkan nilai rata-rata (mean) post test kelas kontrol (Y) = 64,12, standar deviasi = 8,43, dan termasuk kategori sangat baik 2,5%, kategori baik 30%, kategori cukup 57,5%, dan kategori kurang 10%. Hasil post test dengan rata-rata 74,75 pada kelas eksperimen dan hasil post test dengan rata-rata (mean) 64,12 pad kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas, hasil post test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homegenitas bahwa data bersifat homogen. Maka diketahui to sebesar 6,602. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N+N)2=781, dari dk = 78 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2 dan 1% =2,65. Dengan demikian, thitung.ttabel, yakni 2<6,602>2,65, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis altenative (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa teknik permainan kartu kuartet lebih efektif digunakan dibandingkan dengan teknik pembelajaran konvensional dalam pembelajaran klausa oleh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineaka Cipta
Badulu, Abdul Muis dan Herman MS. 2005. Morfosintaksis. Jakarta: PT. Rineaka Cipta
Chaer, Abdul. 2003. Seputar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineaka Cipta
Bun, Hendri. 2009. 300 Game Kreatif. Yogyakarta: Gradien Media Utama
Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Kalimat Efektif; Diksi, Struktur, logika. Bandung: PT. Refika Adiatma
_______.2008. Analisis Kalimat;Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung: PT.Refika Adiatma
_______. 2006. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Refika Adiatma
Sugiharto. 2008. Teknik Permainan dalam Pembelajaran http://www.garduguru.blogspot.com/2008/05/mengajar-dengan-permainan. Di akses 26 Februari 2010.
Refbacks
- There are currently no refbacks.