ANALISIS FUNGSI ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGAWASAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA KECAMATAN MEDAN DENAI

Ikhsan Abdullah, Riza Afrida Sari

Abstract


Kecamatan Medan Denai merupakan salah satu basis penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Medan yang proses pembayarannya di bantu oleh pihak-pihak Kelurahan. Dalam pelaksanaan penerimaan dari Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Medan Denai adanya target penerimaan pada setiap tahunnya dan selama 5 tahun targetnya tidak tercapai.

Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Kecamatan Medan Denai Kota Medan mengalami penurunan yang hasil penerimaan efektifnya belum tercapai efektif bahkan kurang efektif. Untuk meningkatkan

pengawasan pajak bumi dan bangunan agar dapat efektif dalam pencapaian target pajak bumi dan bangunan maka memberi saran agar pihak Kecamatan Medan Denai dapat mengambil tindakan konkrit terhadap penyimpangan yang terjadi, harus lebih selektif dalam menggali potensi pajak bumi dan bangunan serta melakukan sosialisasi intensif kepada wajib pajak tentang Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan.


Keywords


Anggaran, Pengawasan, Pajak Bumi dan Bangunan

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim (2007), Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Abdul Halim dan Syam Kusufi (2013), Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik . Jakarta: Salemba Empat.

Ahmad Yani (2009), Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. Edisi Revisi Keempat Jakarta: Rajawali Pers.

Ais Zakiyudin (2016), Manajemen Bisnis. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media. Anastasia Diana & Lilis Setiawati (2014), Perpajakan Teori dan Peraturan Terkeni. Edisi

Pertama, Yogyakarta: Andi

Baldric Siergar (2015), Akuntansi Sektor Publik (Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah

Berbasis Akrual). Edisi Pertama Cetakan Pertama, UPP STIM YKPN. Bastari Dkk (2015), Perpajakan Teori dan Kasus. Perdana Publishing.

Darsono dan Ari Purwanti (2008), Penganggaran Perusahaan. Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.

Hani Handoko (2013), Manajemen. Edisi Kedua BPFE Jogyakarta

Mardiasmo (2013), Perpajakan. Edisi revisi, Yogyakarta: Andi

Mardiasmo (2009), Akuntansi Sektor Publik. Edisi Keempat, Yogyakarta: Andi Nafarin (2009), Penganggaran Perusahaan.Edisi Ketiga, Jakarta: Salemba Empat

Nur Riza Utiarahman Dkk (2015), Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tomohon. Jurnal Volume 16.

Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2011. Tentang Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan.

Rizka Novianti Pertiwi Dkk (2014), Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan(Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Probolinggo). Jurnal Volume 3.

Siti Resmi (2011), Perpajakan Teori dan Kasus.Edisi Ketujuh Buku Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Siahaan, Marihot Pahala (2010), Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.Edisi Revisi Cetakan Kedua, Jakarta: Rajawali Pers

Tatjana Nabillah (2016), Analisis Fungsi Anggaran Sebagai Alat Pengawasan Pajak Parkir Di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi.

Usman Effendi (2014), Asas Manajemen. Edisi Pertama Cetakan Pertama, Jakarta Rajawali Pers.

Waluyo (2009), Perpajakan Indonesia. Edisi Kesembilan Buku Pertama,Jakarta: Salemba Empat.

Yeni Ernita (2016), Analisis Fungsi Anggaran Sebagai Alat Pengawasan Penerimaan Pajak Hotel dan Pajak Daerah di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Langkat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.