UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH MELALUI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Salim Aktar

Abstract


Dewasa ini, persaingan antarsekolah semakin atraktif. Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (siswa) karena pendidikan merupakan proses sirkuler yang saling mempengaruhi dan berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran jasa pendidikan untuk memenangkan kompetisi antar sekolah serta untuk meningkatkan akselerasi peningkatan kualitas dan profesionalisme manajemen sekolah. Salah satu strategi pemasaran jasa pendidikan disebut 4P, yaitu: produk (Product), lokasi (Place), harga (Price), dan promosi (Promotion). Dengan penerapan strategi ini, pemarasan jasa pendidikan tepat kepada sasaran/ pelanggan.

Keywords


Daya saing sekolah, Pemasaran jasa pendidikan

Full Text:

PDF

References


Assen, Marcel Van., Berg, Gerben Van Den, dan Pietersma, Paul. 2009. Key Management

Models. United Kingdom: Prentice Hall

Kotler, Philip. Amstrong, Gary. 1997. Principles of Marketing. Singapore: Prentice Hall

International Editions

Lovelock, Christopher, 2004. Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice

Hall

Munir, A.A.S. 1991. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama

Siagian, Sondang P. 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Stanton, William J. 2003. Fundamentals of Marketing. Singapore: McGraw-Hill Internasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.