Analisis Pelayanan Koperasi Unit Desa Terhadap Petani Anggota di Kabupaten Simalungun
Abstract
Koperasi Unit Desa (KUD) adalah sebuah lembaga ekonomi yang masih tetap eksis di Desa terutama di kawasan pertanian. Koperasi ini diupayakan menjadi sebuah institusi penyedia sarana produksi pertanian yang mampu menyediakan semua keperluan petani anggota dengan tepat waktu dan tepat jumlah. Adapun persepsi petani terhadap pelayanan KUD dalam hal simpan pinjam, pengadaan sarana produksi, kredit usaha tani, pelayanan jasa adalah termasuk dalam kategori baik sedangkan sebagai lembaga penyedia keperluan sehari-hari bagi anggota sepertinya kurang mendapat perhatian dan mendapat persepsi kurang baik karena banyaknya alternatif lain. Tingkat pelayanan koperasi terhadap petani anggota juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan manajemen koperasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sehingga sepatutnya pengurus harus senantiasa mendapatkan pendidikan dan pelatihan tentang bagaimana mengelola sebuah organisasi koperasi dengan baik dan benar. Hubungan kemitraan antara koperasi antara koperasi dengan anggotanya dan kemitraan dengan instansi terkait pun harus semakin ditingkatkan, supaya koperasi dapat semakin meningkatkan pelayanan dan kontribusinya yang baik kepada anggota. Bagi koperasi, pelayanan yang terbaik kepada anggota adalah merupakan cita-cita tertinggi dan terbaik demi keberlanjutan lembaga ekonomi desa ini.
Kata kunci : Koperasi Unit Desa, Pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bayu Krishnamurthi. 2004. Koperasi Indonesia Potret dan Tantangan. http ://www.ekonomiraktyat.org/galeri_war/watosem_l1htm
Effendy, O.U. 1984. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek Penerbit PT. Remaja Radakarya, Bandung.
Djunaidi Hadisumarto, 1982. Koperasi Indonesia. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.