ANALISIS TINGKAT KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE (ALTMAN) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA

Widia Astuty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti nyata prediksi kesulitan keuangan dan kebangkrutan menggunakan model Altman (Z-score) pada perusahaan Paper and Allied Products yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek dan populasi dari penelitian ini adalah perusahaan industri Paper and Allied Products yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Pemilihan sampel dilakukan dengan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi relatif kecil dan sebanyak 5 perusahaan dijadikan sampel penelitian. Data penelitian yang dikumpulkan periode 2006 - 2008 sedangkan sumber data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan dalam www.idx.co.id , 2010. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan model Altman Z-Score.

Hasil penelitian menunjukkan Hasil analisis model Altman terhadap kinerja keuangan perusahaan Paper and Allied Products yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia menunjukkan untuk tahun pengamatan ada 2 perusahaan diprediksi bangkrut dan ada 2 perusahaan yang mengalami kondisi rawan bangkrut dan 1 perusahaan yang mengalami kondisi sehat.

Kata Kunci : Kesulitan Keuangan, Kebangkrutan, Altman Altman (Z-Score)


Keywords


Kesulitan Keuangan, Kebangkrutan, Altman Altman (Z-Score)

Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Cetakan Ketiga, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ikatan Akuntansi Indonesia (2007). Standar Akuntansi Keuangan, Per 1 Oktober 2004, Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono (2004). Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.