Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract
The objective of the research was to find out and to analyze to what extent the influence of service marketing mix and service quality on students satisfaction in Management Study Program, Faculty of Economics, UMSU. The type of the research was an explanatory study. The result of the research showed that service marketing mix which consisted of product, location, process, people, physical evidence, and service quality which consisted of direct evidence, reliability, response, security, and empathy simultaneously had positive influence on students satisfaction, while the cost for education had negative influence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung
Boyd, Walker Orville Jr, Harper W, Jr Mullins, Larrache, Jean Claude, 2001. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor
Jewell, L.N dan Marc Siegall. 1998. Psikologi Industry/Organisasi Modern. Edisi 2. (Alih bahasa: Pudjaatmaka). Arcan, Jakarta
Julita. 2004. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muammadiyah Sumatera Utara Medan, Tesis (Tidak Dipublikasikan), Universitas Sumatera Utara
Koes Soedjati, Elisabeth. 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan dan dampaknya Terhadap Loyalitas Mahasiswa pada Tiga PTS Terkemuka di Kota Bandung, Desertasi, http://digilib.upi.edu/digitalview.php?digital_id=1432. Diakses tanggal 22 Januari 2013
___________. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi Kesebalas, Alih Bahasa Benyamin Molan, Indeks, Jakarta
Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. 2004. Dasar- Dasar Pemasaran. Ditermahkan oleh : Alexander Sindoro, Jilid 1 Edisi Kesembilan. PT. Indeks, Jakarta
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta
Nasution, Fitra Arlina. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Tabungan SIMPEDES Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Deli Tua. Tesis Tidak Dipublikasi, Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Manajemen Universitas Sumatera Utara.
Parasuraman, A, et al. 1988. SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing 64 (1) : 12-40.
Payne, Andrian. 2001. The Essence Of Service Marketing. Diterjemahkan oleh : Fandy Tjiptono, Edisi Pertama. Penerbit Andi, Yogyakarta
Pratito, Dwi Widi, Triani, Dian, Prapti, Lulus (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Kelas Karyawan Universitas Semarang). Jurnal. Solusi ISSN 1412-5331 Vol. 10 No. 4 Halaman 55-65
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta, Jakarta
Swastha, DH, Basu. 2007. Azas-Azas Pemasaran. Edisi Ketiga, Cetakan Kedua, Liberty, Yogyakarta
Syamsi. (2006). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Siswa Bimbingan Dan Konsultasi Belajar Al Qolam Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 5 Nomor 1, April 2008.
Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Edisi II, Andi Offset, Yogyakarta
_____________2008. Total Quality Service. Penerbit ANDI, Yogyakarta
Widjaya, Amin. 2005. Tanya jawab : Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia, Yogyakarta
Yazid. 2003. Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua.: Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.30596/jimb.v14i01.113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 1693-7619 (print) | ISSN 2580-4170 (online)
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis is abstracting & indexing in the following databases: